nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda Cara Makan Okonomiyaki di Jepang dan Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 17 298 2143118 beda-cara-makan-okonomiyaki-di-jepang-dan-indonesia-3Bgc3Tmg04.jpg Okonomiyaki khas Jepang. (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

ANEKA makanan Jepang bisa dibilang jadi salah satu makanan asing paling familiar buat lidah masyarakat Indonesia. Salah satunya yakni hidangan okonomiyaki.

Masyarakat Indonesia, terutama yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, sudah sangat mengenal makanan Jepang. Seperti sushi, ramen, bento hingga udon.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, jenis makanan Jepang yang familiar di Indonesia makin bertambah. Termasuk okonomiyaki yang semakin tenar, karena banyak kedai-kedai dan restoran yang menjajakan makanan ini.

okonomiyaki

Okonomiyaki adalah menu tradisional khas Jepang, yang diketahui sudah berusia kurang lebih 400 tahun. Hidangan menjadi simbol makanan pokok bagi warga dan masyarakat Jepang yang bermukim di Osaka.

Dalam bahasa Jepang, okonomi artinya “suka-suka” dan yaki berarti “panggang”. Sesuai dengan namanya, hidangan satu ini lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera lidah masing-masing.

Meski kehadirannya sudah cukup familiar, ternyata cara makan antara okonomiyaki di Indonesia dengan yang asli di Jepang, punya perbedaan cukup signifikan.

Dijelaskan oleh Manajer Jaddifoods Imelda Budiman, untuk masyarakat Indonesia okonomiyaki lebih dikenal sebagai kudapan. Padahal di negara asalnya, makanan satu ini biasa dijadikan sebagai makanan berat.

“Okonomiyaki di Jepang,terutama di Osaka itu memang makanan khas, jadi salah satu main course alias makanan utama tapi jadi cemilan juga bisa,” ungkap Imelda, saat ditemui Selasa (17/12/2019) dalam gelaran ‘Taste of Osaka by Chibo’, di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Biasanya orang Jepang di sana menyantap okonomiyaki itu secara terpisah. Okonomiyaki sendiri sebagai lauk, lalu dipasangkan bersama yakisoba sebagai karbohidratnya. Tidak dipungkiri, di Indonesia okonomiyaki biasanya disantap sebagai salah satu jenis makanan ringan.

Ditambahkan Imelda, salah satu faktor penyebabnya ialah karena masyarakat Indonesia belum terlalu terbiasa mengombinasikan okonomiyaki dengan hidangan lain, contohnya nasi dan mi.

okonomiyaki

“Memang rata-rata kebanyakan orang Indonesia tahunya sebagai snack, makanya di sini kita coba perkenalkan, kalau okonomiyaki itu bisa loh dimakan sebagai makanan berat,” pungkas Imelda.

Imelda menuturkan, okonomiyaki biasa disajikan dengan soba, teppan, bahkan dimakan pakai nasi juga bisa. Pada dasarnya okonomiyaki merupakan bagian dari menu utama (main course) mengenyangkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini