Salah Tulis Berita, Jurnalis Ini Selamat dari Hujatan Netizen Berkat Paras Cantik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 612 2142777 salah-tulis-berita-jurnalis-ini-selamat-dari-hujatan-netizen-berkat-paras-cantik-kPj0uoCHwz.jpg Jurnalis cantik China Xing Chengbo (Foto : Cntv)

Kejadian unik terjadi di China baru-baru ini. Seorang jurnalis olahraga wanita tanpa sengaja menuliskan berita yang tidak tepat. Uniknya wanita tersebut justru tidak dihujat, dan malah dimaafkan setelah melihat parasnya yang cantik.

Wanita yang mendadak viral tersebut adalah Xing Chengbo yang bekerja sebagai jurnalis berita BD. Namanya menjadi sorotan masyarakat setelah salah menyebutkan nama 15 dari 23 pesepakbola nasional yang ikut serta dalam EAFF E-1 Football Championship.

Artikel keliru tersebut tayang pada 9 Desember 2019. Dalam artikel tersebut Xing salah dalam menuliskan nama kiper Liu Dianzuo menjadi Liu Dianzhu dan menggunakan karakter China yang sala untuk nama Feng Jin, Mei Fang, Jiang Zhipeng dan Ji Xiang.

Jurnalis

Kesalahan yang dilakukan Xing ini tentunya mengejutkan banyak orang. Pasalnya jurnalis cantik ini sempat meliput acara olahraga terkenal seperti Piala Dunia FIFA 2018 dan Asia Games 2014 tanpa kesalahan apapun.

Sebagaimana dilansir Asia One, Selasa (17/12/2019) setelah kesalahan yang Xing lakukan diterbitkan. Netizen China langsung membanjiri Weibo dengan komentar yang mempertanyakan profesionalisme kerja Xing sebagai jurnalis. Mereka juga langsung menyerang Berita BD.

Jurnalis

Netizen yang memberikan kritik terhadap Xing menemukan foto-fotonya tengah mengenakan dress merah muda yang ketat. Foto tersebut mulai beredar luas secara online. Melihat hal tersebut netizen yang tadinya geram justru kagum pada penampilan Xing. Para netizen justru memberikan komentar pada unggahan pembelaan yang ditulis oleh Xing.

Memang kasus Xing ini berhasil dimaafkan oleh para netizen. Namun BD News mengumumkan pada 9 Desember bahwa posisi Xing akan diturunkan pangkatnya menjadi jurnalis trainee. BD News juga membuat permintaan maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh reporternya.

Jurnalis Cantik

Mereka berjanji untuk bekerja lebih keras supaya dapat menghasilkan konten untuk para pembacanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini