Ular Masuk ke Rumah? Begini Cara Aman Menangkapnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 612 2143153 ular-masuk-ke-rumah-begini-cara-aman-menangkapnya-XNp3o4rZTA.jpg Menangkap ular masuk rumah (Foto: Ist)

Maraknya fenomena kemunculan ular kobra di kawasan Depok, Jawa Barat, menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi warga lokal. Pemerintah Kota Depok pun telah mengimbau warga untuk selalu waspada dengan kondisi di lingkungan sekitar mereka.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana cara yang tepat menangkap ular bila sudah terlanjur masuk ke dalam rumah? Menurut penuturan Averrouse Oktaliza, selaku Perhimpunan Herpetelogi Indonesia, sangat tidak disarankan bagi orang awam untuk menangkap ular kobra.

Ilustrasi

Ia menyarankan agar warga langsung mengusir hewan liar tersebut jika sudah mengetahui posisinya. Nah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sebelum Anda menjelma menjadi pawang ular dadakan.

"Pertama, sebisa mungkin jangan bersingungan langsung dengan ular. Kalau di rumah bisa cari sesuatu yang menjaga kita dari jarak gigitan ular, bisa menggunakan sapu atau tongkat pel. Intinya pakai alat yang aman," ujar Averrouse Oktaliza, saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Selasa (17/12/2019).

Ave menambahkan, untuk kasus ular kobra memang terbilang unik dan harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, jenis ular inilah yang paling berani bersingunggan dengan manusia.

Ular kobra cenderung memiliki defensive behaviour atau perilaku bertahan bila ia merasakan ada bahaya di sekitarnya.

Ular kobra

"Ular kobra kalau ada yang mengancam tidak langsung lari seperti ular lainnya, tapi dia langsung berdiri. Kalau sudah benar-benar terancam dia akan langsung menyemburkan bisa yang 90% di antaranya pasti akan mengenai bagian mata. Jadi gunakanlah kacamata pelindung," jelas Ave.

Seandainya ular terpaksa harus ditangkap, Ave menyarankan untuk menggunakan ember atau wadah berukuran besar. Setelah itu, jangan langsung membuka ember untuk mengambilnya. Hubungilah ahli atau orang yang kompeten di bidang reptil agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Lalu, bagaimana bila posisi ular tidak bisa dideteksi atau ia sudah terlanjur bersumbunyi di suatu tempat? Ave mengatakan ada beberapa spot yang disukai ular ketika sudah terlanjur memasuki rumah.

"Carilah tempat yang terlindung, seperti pojok-pojok rumah atau sela-sela lemari dan kolong mobil. Kedua, cari juga di tempat yang hangat karena ular itu berdarah dingin. Ia butuh panas untuk memperlancar metabolisme. Mungkin dia abis makan di luar, terus karena di luar hujan tidak ada matahari, dia masuk ke rumah untuk mencari tempat yang hangat," jelas Ave.

ular

Lebih lanjut, Ave menjelaskan, pada hakikatnya semua hewan liar itu takut sama manusia. Kebanyakan kasus orang orang yang digigit ular karena mereka tidak sengaja menginjak atau memegang ular.

"Sebagai Mekanisme pertahanan si ular akan menggigit. Atau bisa juga karena si korban memang memprovokasi si ular, bahkan berkeinginan untuk menangkapnya. Jadi kalau ketemu ular bertindak seperti biasa, dia tidak akan mengganggu kalau tidak usik," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini