nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaleidoskop 2019: Akibat Depresi, Ini 4 Kasus Artis Korea Bunuh Diri yang Menghebohkan

Viola Triamanda, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 23:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 196 2143597 kaleidoskop-2019-akibat-depresi-ini-4-kasus-artis-korea-bunuh-diri-yang-menghebohkan-UbPaiu7CUQ.jpg Goo Hara dan Sulli meninggal dunia (Foto: Koreaboo)

TAHUN 2019 tampaknya menjadi tahun yang menyisakan banyak luka. Hal ini juga dikarenakan oleh kematian 4 artis Korea. Sayangnya, keempat idol tersebut meninggal atas kemauan dirinya sendiri atau bunuh diri.

Tentu fakta ini mengejutkan publik hingga menimbulkan berbagai pertanyaan. Karena mereka juga dikenal sebagai idol yang tampak bahagia dan selalu tampak baik-baik saja. Berikut empat artis Korea yang ditemukan bunuh diri akibat depresi:

1. Jeon Mi Seon

Jeon Mi Seon

Artis Korea yang terlibat dalam banyak drama ini ditemukan tewas di sebuah kamar hotel yang berada di kawasan Jeonju, Korea Selatan pada Sabtu (29/6/2019). Setelah diselidiki polisi menyatakan bahwa Jeon Mi Seon mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Selain itu juga terungkap bahwa artis yang meninggal di usia 48 tahun ini sebelumnya telah dirawat lantaran dirinya mengalami depresi.

2. Woo Hye Mi

Artis Korea meninggal

Pada 22 September 2019 berita tentang kematian Woo Hye Mi menyebar. Saat polisi mendatangi kediamannya, mereka menemukan penyanyi ini sudah tidak bernyawa. Woo Hye Mi mengakhiri hidupnya saat ia berusia 31 tahun. Dari pernyataan agensi, diketahui bahwa Woo Hye Mi tidak bisa dikabari sejak dua hari sebelum mayatnya ditemukan

3. Sulli

Sulli

Siapa yang tidak tertarik dengan perempuan berparas cantik dan berbakat ini. Perempuan yang hengkang dari girl group bernama "F(x) ini ditemukan tewas oleh manajernya pada Senin (14/10/2019) pukul 15.21 waktu setempat. Ternyata Sulli menakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di lantai dua rumahnya.Hal ini diakibatkan oleh depresi yang dialami Sulli karena hujatan yang selalu saja diutaran kepadanya.

4. Goo Hara

Goo Hara

Kabar kepergian Sulli kemudian disusul oleh kabar meninggalnya Goo Hara. Pihak kepolisian awalnya mendapat laporan dari teman Goo Hara yang menyatakan bahwa artis tersebut didapati tewas di rumahnya yang berkawasan di Cheongnam, Seoul, pada hari Minggu (24/11/2019).Goo Hara juga diduga bunuh diri akibat depresi yang ia derita, bahkan ia pernah melakukan percobaan bunuh diri pada Mei 2019.

Kabar bunuh diri yang silih berganti tentu membuat kita harus lebih peduli dengan mental health dan dampak bully yang kerap dilakukan. Apalagi hal tersebut menyangkut seorang public figur yang kehidupannya cenderung memiliki banyak tuntutan.

"Jika kita membahas public figur, sepertinya banyak dari mereka yang belum siap untuk terkenal, mereka belum siap dengan target dan kenyataan bahwa dirinya adalah mesin pencetak uang" ujar seorang psikolog bernama Meity Arianty STP,.M.Psi yang diwawancarai Okezone pada (17/12/19)

Tuntutan yang kian diberikan membuat para artis hanya memiliki sedikit waktu untuk berkumpul bersama orang-orang yang mereka sayangi. Hal ini tentu saja membuat para public figure menjadi tidak mendapatkan perhatian layaknya orang biasa.

"Menurut teori perkembangan psikososial, seseorang dengan umur 20 tahun keatas rentan membangun komitmen dengan orang terdekat, dan mereka juga membutuhkan banyak perhatian. Ketika mereka gagal dalam tahapan ini, maka mereka akan merasa stres, hampa, hingga depresi" tambahnya.

Kelelahan yang kerap dialami oleh public figur ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu dari depresi. Waktu istirahat yang tidak cukup selalu mengakibatkan kelelah berlebihan.

"Kelelahan juga menjadi salah satu penyebab depresi, karena mereka tidak dapat mengelola emosional mereka dengan baik, mereka lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya. Seharusnya sebagai netizen dan penikmat karyanya, kita bisa memberikan pertolongan berupa semangat kepada para public figure, jangan membuat hidup mereka semakin berat" pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini