Kaleidoskop 2019, Viral Kisah Mistis dari KKN Desa Penari hingga Bus Hantu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 612 2143589 kaleidoskop-2019-viral-kisah-mistis-dari-kkn-desa-penari-hingga-bus-hantu-UTWaksKyMh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAHUN 2019 ini sepertinya menjadi tahunnya para 'hantu' eksis. Ya, setiap harinya mungkin Anda disuguhkan informasi mengenai hal mistis.

Pembahasannya pun beragam. Tidak hanya menyoal penampakan, tapi juga beberapa kejadian janggal yang dialami masyarakat hingga kasus santet yang ramai dibahas pelaku dunia hiburan.

Entah bagaimana awalnya, namun pembahasan mengenai klenik seperti ini mendapat ruang tersendiri di masyarakat. Itu juga yang kemudian membuat Okezone secara khusus memberikan ruang yang disebut dengan #KamisMistis.

Di sepanjang 2019 ini, banyak sekali kasus mistis yang terjadi. Tapi, ada beberapa yang akhirnya menyita perhatian banyak orang. Kasus ini pun bahkan mendapat perhatian pihak lain di luar dari pelaku dunia mistis.

So, kasus mistis apa saja yang paling menyita perhatian selama 2019 ini?

Thoriq di Gunung Piramid
kasus toriq

Salah satu kasus yang paling menggemparkan adalah kematian Muhammad Thoriq Rizki Maulidan di Gunung Piramid Bondowoso, Jawa Timur.

Kasus ini menyita perhatian publik tidak hanya satu dua hari. Pencarian jasad dan kabar masih hidupnya Thoriq menjadi pembahasan yang cukup ditunggu masyarakat kala itu.

Thoriq sendiri dikabarkan tewas setelah tubuhnya terpeleset ke dasar jurang Gunung Piramid. Pencarian jasad yang membutuhkan waktu berhari-hari awalnya tak menemukan hasil.

Karena itu, beberapa anak indigo coba memberi bantuan berdasar penglihatannya. Salah satunya disampaikan Furi Harun. Menurutnya, Thoriq setelah jatuh masih hidup tapi setelah itu ia tak mampu bertahan hidup.

Ada pandangan lain terkait dengan kenapa ia bisa terjatuh ke dasar jurang. Menurut Furi, Thoriq sempat bercanda saat melewati hutan di gunung dan hal itu yang kemudian membuat dirinya 'dikerjai' penunggu yang ada di sana.

Ia pun dikabarkan sempat masuk ke dalam dunia astral selama beberapa hari hingga akhirnya jasadnya dikembalikan ke bumi dan berhasil ditemukan tim SAR yang memang sejak beberapa hari setelah kabar hilangnya Thoriq menyeruak ke publik.

Bus hantu Bekasi-Bandung
Insta story

Curhatan Hebbie Agus Kurnia di Instagram yang awalnya iseng-iseng berujung viral. Ya, cerita di Instastory-nya tersebut tersebar ke jagat maya lainnya dan menjadi pembicaraan publik.

Adalah kasus bus hantu Bekasi - Bandung. Dalam ceritanya di Instagram, Hebbie membagikan beberapa foto yang memperlihatkan bahwa di dalam bus hanya ada ia seorang, padahal sebelumnya ia melihat banyak penumpang yang mengisi bus tersebut.

Kabar ini langsung menyeruak ke publik. Beberapa ada yang tak percaya dengan apa yang diabadikan Hebbie. Mereka menilai Hebbie hanya mencari sensasi dan hal seperti bus hantu itu tak pernah ada.

Tapi, kelompok yang percaya dengan keberadaan dunia astral membenarkan kabar ini. Bahkan, perempuan indigo Furi Harun membenarkan bahwa Hebbie memang dibawa oleh bus hantu ke Bandung dari Bekasi.

Furi pun melihat melalui mata batinnya bahwa penumpang yang sebelumnya dilihat Hebbie adalah arwah gentayangan yang tewas di dalam bus tersebut. Di dalam bus itu, ada beberapa jenis hantu seperti kuntilanak, pocong, dan beberapa setan anak-anak yang wajahnya hancur.

Bahkan, Furi menerangkan kalau para korban dari kecelakaan bus hantu itu semuanya mati masuk jurang. Ia tak bisa memastikan di mana lokasi kecelakaan, tapi kejadiannya itu sekitar 1993 sampai 1996.

Tidak hanya melihat hantu, Furi pun coba menjelaskan beberapa detil yang ada di dalam bus. Seperti misalnya supir bus tersebut yang mengenakan kemeja putih bertubuh gemuk yang ikut mati karena kejadian tersebut.

KKN di Desa penari
Desa KKN

Kisah ini pun sempat viral di media sosial. Semua orang membicarakan cerita ini, ada yang percaya tapi tak sedikit juga yang tak percaya. Beberapa menilai bahwa apa yang diceritakan netizen di Twitter mengenai cerita KKN di Desa Penari itu hanya fiksi belaka.

Cerita ini dimulai dengan keberadaan sekelompok mahasiswa yang ditempatkan untuk KKN di suatu desa terpencil yang dikabarkan di Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka kemudian mendapatkan hal-hal janggal selama berada di sana.

Mulai dari kesurupan, pengalaman mistis, hingga kondisi desa yang janggal. Sampai akhirnya, ada dua orang dari mahasiswa itu yang tewas karena tak mematuhi peraturan yang berlaku di Desa tersebut. Sosok siluman ular menjadi salah satu fokus yang tak bisa dipalingkan.

Kecelakaan maut Tol Jagorawi dan Cipularang

Ilustrasi kecelakaan

Kecelakaan hebat terjadi di awal September 2019. Sebanyak 21 mobil tabrakan secara beruntun dan diketahui saat itu 9 orang meninggal dunia di Tol Cipularang KM 91 sampai KM 97.

Nahasnya, beberapa mobil hangus terbakar dan itu juga yang membuat jasad penumpang mobil gosong dimakan si jago merah. Mayat-mayat lainnya pun banyak tergeletak di jalanan.

Furi pun menerangkan bahwa tol tersebut memang ada penunggunya. "Wujudnya gemuk, laki-laki seperti raksasa, dan ia mengenakan celana pendek," katanya.

Ia menduga, kecelakaan yang terjadi di sini ada kaitannya dengan malam satu suro. Ya, malam satu suro dikaitkan dengan hal mistis dan pencarian tumbal.

Selanjutnya, kecelakaan tragis di jalan tol pun terjadi di Tol Jagorawi, tepatnya di KM 36. Kecelakaan ini pun masih ada kaitannya dengan malam satu suro.

Untuk penunggu Tol Jagorawi KM 36, Furi menerangkan bahwa sosok makhluk astral di sini ialah bapak-bapak dan anak-anak. Mereka kerap usil terhadap pengendara mobil yang tidak berdoa sebelum memulai bepergian.

Santet ke Roben Onsu


Kesurupan

Secara mendadak, video kesurupan karyawan Geprek Bensu beredar di media sosial. Dalam video tersebut, Anda bisa lihat beberapa karyawan di restoran itu kesurupan hingga menjerit-jerit.

Mengetahui adanya kabar ini, Furi Harun menjelaskan kalau apa yang terjadi itu adalah santet yang dikirimkan teman artis yang tidak suka dengan Ruben Onsu.

Bahkan, Furi menerangkan bahwa si pelaku tidak melakukan ritual sendirian. Ia meminta bantuan orang lain untuk mengirimkan santet tersebut. Tujuan utamanya adalah menghancurkan kehidupan Ruben Onsu.

Kabar ini menjadi hangat setelah akun gosip di Instagram membagikan ulang informasi dari Okezone ini dan langsung menjadi buah bibir masyarakat. Mereka dibuat penasaran, siapa sebetulnya pelaku dari tindakan santet pada bisnis Ruben Onsu tersebut.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini