Share

Pakai Minyak Esensial Cegah Anak Gampang Sakit, Perhatikan Penggunaannya Moms!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 481 2143683 pakai-minyak-esensial-cegah-anak-gampang-sakit-perhatikan-penggunaannya-moms-udg0RZBg0l.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Penggunaan minyak esensial sudah banyak dipercaya kaum mama-mama milenial untuk sembuhkan batuk dan pilek pada anak. Meski begitu, Anda harus tetap memperhatikan pemakaiannya dengan benar.

Menurut studi dari banyak peneliti, minyak esensial ternyata tak sekedar untuk menyembuhkan batuk, pilek, serta penyakit ISPA lainnya pada anak. Anda bisa menggunakan minyak esensial sebagai langkah preventifnya.

Di musim hujan sekarang, pastinya anak rentan sakit. Karena serangan cuaca dingin yang tak menentu, ditambah dengan suasana udara yang kurang bersih.

Minyak Esensial

Spesialis Anak dr Eugenia Permatami H, SpA, menuturkan, penggunaan minyak esensial boleh dipergunakan setiap hari. Baik itu sekedar dioles atau menghirup wanginya dengan menggunakan difuser.

"Penggunaan minyak esensial ini sistemnya sebagai preventif, boleh dipakai setiap hari. Karena ini bukan obat, terlebih kalau ada keluhan demam, sesak napas itu bisa dipakai setiap hari," ucap Dokter Tami di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rani 18 Desember 2019.

Meskipun dipakai setiap hari, menurut penelitian yang dipublikasi hampir tidak ada efek samping fatal. Hanya saja seseorang dapat terserang alergi, karena minyak esensial punya kandungan alergen.

Minyak Esensial

"Sejauh ini memang efek sampingnya alergi saja. Kalau penggunaan over dosis belum ditemukan ada dampaknya, misalnya bisa sebabkan kejang atau panas," terang Dokter Tami.

Soal penggunaan, daripada minyak esensial dioles, menurut Dokter Tami, alangkah baiknya Anda menggunakan difuser. Ketika aroma minyak esensial dihirup, pasti mudah masuk ke sirkulasi darah.

Ditambahkan Minuk Seto mewakili Mommy Time, banyak jenis minyak esensial yang dipercaya dapat sembuhkan berbagai macam penyakit. Misalnya kandungan rosemary dan pappermint dipercaya dapat mengobati batuk dan pilek.

"Kemudian ada minyak esensial tea tree yang dapat mencegah bakteri dan virus, sehingga anak jadi jarang sakit. Lavender untuk mencegah gigitan nyamuk. Itu cuma sebagian karena masih ada banyak jenis lainnya," terang Minuk Seto.

Minyak Esensial

Biasanya penggunaan minyak esensial tersebut ampuh saat terserang suatu penyakit. Para mama-mama muda di rumah pasti pernah mencobanya kan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini