Meriahkan Liburan Nataru, Jakarta Punya 4 Spesies Hewan Langka

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 481 2144006 meriahkan-liburan-nataru-jakarta-punya-4-spesies-hewan-langka-mHjPBYkp23.jpg Spotted wood owl (Foto: Birdpacker)

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tinggal menghitung hari. Merencanakan destinasi liburan seru dan menyenangkan tentu bisa menjadi pilihan tepat yang diambil. Tak melulu harus ke luar kota, Jakarta juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah serunya.

Pada liburan kali ini Jakarta Aquarium kedatangan empat spesies hewan langka yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Tak hanya sekadar berlibur para orangtua juga bisa memberikan edukasi yang tepat kepada anak-anak supaya dapat mengenal hewan tersebut.

Seperti diketahui tempat ini memang berisikan beraneka spesies makhluk laut. Namun untuk memeriahkan liburan panjang terdapat seasonal animal yang ikut diperlihatkan kepada pengunjung. Spesies yang dihadirkan berasal dari tempat yang sulit untuk dijangkau.

1. Spotted Wood Owl

 Hewan langka

Hewan pertama yang ditampilkan dan sudah tersedia di venue adalah Spotted Wood Owl atau lebih dikenal sebagai Kukuk Seloputu. Ini adalah spesies burung hantu tanpa daun telinga. Burung ini adalah hewan nokturnal dan aktif ketika senja.

Burung hantu jenis ini dapat ditemukan di Kamboja, Indonesia, Malaysia dan negara di Asia Tenggara lainnya. Usianya pun tidak bisa lebih dari 10 tahun dengan ukuran maksimal 48 centimeter.

2. Serval

Serval ini adalah kucing liar yang berasal dari Afrika dan lebih sering dikenal dengan sebutan kucing jerapah. Nama ini diberikan mengingat leher kucing yang berbentuk panjang dan memiliki totol-totol dengan garis hitam yang khas. Uniknya motif kulit kucing ini akan berbeda dengan lainnya.

 Ikan

3. Tamarin

Hewan ini adalah salah satu jenis primata terkecil di dunia. Ukurannya yang sangat kecil membuat hewan yang satu ini terlihat sangat menggemaskan. Hewan ini berasa dari Brasil, Amerika Selatan dan sudah terancam punah.

Saat ini diperkirakan spesies tamarin hanya ada 1.500 ekor yang tersebar di alam liar. Sementara 500 ekor sisanya sudah diamankan di kebun binatang di seluruh dunia.

4. Dusky Pademelon

Hewan terakhir yang diperlihatkan pada liburan panjang ini adalah dusky pademelon. Ini adalah jenis kanguru terkecil yang ada di dunia. Kangguru jenis ini hidup di Indonesia dan Papua Nugini. Ciri khas pademelon dibandingkan dengan kanguru lain adalah bentuk ekornya yang lebih pendek dan rambut ekor yang jarang.

Sayangnya baru dua spesies hewan langka yakni Spotted Wood Owl dan Serval saja yang sudah tersedia di tempat ini. Sementara Tamarin dan Dusky Padelemon masih belum tiba. Hewan ini akan diperlihatkan kepada pengunjung yang datang hingga 5 Januari 2020.

Selain diramaikan dengan kedatangan hewan langka, terdapat pula enam tema baru yang disuguhkan untuk memeriahkan liburan si kecil. Beberapa diantaranya adalah Fun Maze, Candy Tunnel, Selfie bareng Papa Santa dan Goo Goo Penguin, Wahana visual 5D, Menyelam bareng hiu saat Aqua Trekking dan Mermaid Show.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini