nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai 5 Penyakit yang Mengintai saat Banjir

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 07:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 19 481 2144035 waspadai-5-penyakit-yang-mengintai-saat-banjir-y6I3D4r2GJ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Beberapa hari lalu hujan deras yang melanda Jakarta menyebabkan banjir di sejumlah titik. Tak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi lagi. Mengingat sekarang ini sudah memasuki musim penghujan.

Banjir memang salah satu masalah yang kerap muncul di ibu kota saat musim hujan. Tak hanya menghambat akses masyarakat, banjir juga bisa menyebabkan tubuh terserang penyakit tertentu karena terkandung bakteri dan virus di airnya. Melansir Health, Kamis (20/12/2019), inilah deretan penyakit yang mengintai saat banjir:

 Perempuan duduk di toilet

1. Penyakit gastrointestinal

Banjir bisa menyebabkan air bersih tercemar bakteri, virus, dan parasit. Padahal air dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Mengonsumsi air yang tercemar dapat menyebabkan penyakit pencernaan seperti muntah atau diare. Gejala dari penyakit tersebut bisa menjadi serius dan dapat menyebabkan dehidrasi yang mengancam jiwa.

Selain itu, bakteri seperti Cryptosporidium, Giardia, E. coli, dan salmonella adalah beberapa contoh yang dapat mencemari air saat banjir dan menyebabkan gangguan perut. Kemudian ada leptospirosis, penyakit yang berpotensi fatal. Penyakit ini menyebar melalui urin tikus yang mencemari air bersih. Penyakit lain yang mungkin menyerang adalah kolera dan demam tifoid.

2. Infeksi kulit

Air banjir yang tercemar bakteri juga membawa masalah kesehatan bagi kulit seperti lecet atau luka. Selain itu bakteri juga bisa menginfeksi dan membawa masalah sekunder. Sebut sajs bakteri necrotizing fasciitis yang dapat memakan daging di tubuh.

 Tangan digaruk

3. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk

Masalah lain dengan banjir adalah meningkatnya jumlah nyamuk. Nyamuk tertentu dapat menularkan virus Zika, demam berdarah, dan chikungunya.

4. Hepatitis

Hepatitis sering dianggap sebagai penyakit yang menyebar melalui hubungan seks atau penggunaan narkoba golongan IV. Tetapi jenis hepatitis tertentu juga dapat ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Sebut saja Hepatitis A dan E.

5. Penyakit legiuner

Bakteri Legionella ditemukan secara alami dalam air banjir yang terkontaminasi. Mengonsumsi atau sekadar menghirup tetesan air yang terkontaminasi dapat menyebabkan tertular penyakit Legionnaires. Penyakit ini merupakan infeksi pernafasan yang menyebabkan batuk, sesak napas, demam, dan kedinginan. Penyakit legiuner sering menyebar ketika persediaan air minum terkontaminasi. Tetapi ada juga yang tersersng penyakit ini setelah membersihkan air banjir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini