nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jeans Berbahan Kapas Organik, Ini Keunggulannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 15:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 20 194 2144260 jeans-berbahan-kapas-organik-ini-keunggulannya-mHRPzAfoFk.jpeg Ilustrasi (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

Industri fesyen semakin giat mempromosikan konsep “sustainability” atau berkelanjutan dengan menghadirkan produk-produk fesyen yang ramah lingkungan. Salah satu contohnya, jeans berbahan kapas organik.

Jeans yang dibuat menggunakan material bahan kapas organik ini sekarang sudah beredar di Indonesia. Tentunya bisa menjadi pilihan yang bisa diandalkan bagi para pencinta fesyen yang peduli akan lingkungan.

 Celana

Secara harga, jeans berbahan kapas organik baik itu dalam bentuk celana ataupun baju seperti jaket dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jeans lain. Satu potong celana bisa dijual dengan kisaran harga, sekitar Rp2,6 juta.

Sebagai suatu outfit sebetulnya apa sih keunggulan dari jeans berbahan kapas organik tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya pada Marcel Lukman, selaku President Director The 707 Company Nudie Jeans, lini denim asal Swedia yang memproduksi jeans berbahan kapas organik.

“Pertama pastinya kualitas, dengan bahan 100 persen kapas organik kualitas bahannya lebih bagus, non-toxic chemicals, dan tahan lama. Pas dipakai saat masih baru itu, feel-nya beda dibanding denim lain. Lebih nyamanlah dipakai, kalau soal strech itu tergantung model karena tiap tipe beda-beda,” ujar Marcel saat ditemui Okezone, Kamis, 19 Desember dalam gelaran “Launching Nudie Jeans Repair Shop” di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

 Celana

Walau dibuat menggunakan 100 persen kapas organik, namun Marcel menegaskan kita tak perlu pusing tentang perawatan jeans. Sebab celana jeans berbahan kapas organik ini, tidak menuntut treatment perawatan yang berbeda alias lebih spesial daripada celana jeans biasa pada umumnya.

Contohnya, untuk pencucian Marcel menyebutkan baju atau celana jeans dari kapas organik ini bisa dicuci bebas. Baik menggunakan mesin cuci otomatis, ataupun dicuci menggunakan tangan.

“Enggak harus diapa-apain, cuci biasa mau masuk mesin cuci atau handwash ya karena balik lagi jeans kapas organik ini memang sifatnya tahan banting, kuat, dan tahan lama. Palingan kalau mau bentuk atau shape-nya lebih bagus lagi, di enam bulan pertama setelah dibeli itu enggak dicuci,” pungkas Marcel.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini