nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bak Ilmuwan, Chef Arnold Jelaskan Insiden Telur Meledak yang Viral di Medsos

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 20 298 2144456 bak-ilmuwan-chef-arnold-jelaskan-insiden-telur-meledak-yang-viral-di-medsos-KmdZp6fJmB.jpg Telur ceplok (Foto: foodfess2/Twitter)

Predikat ahli 'endog' alias telur sepertinya layak disematkan pada Juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo. Setelah berhasil memecahkan teka-teki telur 'spiderman', beberapa waktu lalu, Arnold lagi-lagi memberikan pengetahuan baru kepada para netizen.

Hal ini bermula dari unggahan video milik akun Twitter @FOODFESS2. Dalam video tersebut, seorang netizen terlihat sedang membuat olahan telur mata sapi di atas sebuah wajan berisi minyak yang banyak.

Proses penggorengan awalnya terlihat baik-baik saja. Namun ketika telur hendak diangkat menggunakan sutil, sebuah kejadian tak terduga terjadi. Telur itu tiba-tiba melompat, lalu meledak seperti petasan hingga terbelah menjadi beberapa bagian.

Pemandangan ini sontak menarik perhatian sejumlah netizen. Beberapa di antara mereka mengaku tak bisa menahan tawa hingga menuliskan beragam komentar menggelitik.

"Azab orang yang masak telor sebiji pake minyak banyak kek buat urut sebadan, telor nya jd i believe i can fly," tulis akun @unrea***ranger.

"Salah satu diantara 2 alasan ga suka telor ceplok selain ukurannya jadi lebih kecil dibanding telor dadar, dia juga meledak kalau di goreng bye, i love telor dadar so much," tulis akun @t***ariqq.

Ada juga netizen yang nekat memparodikan video tersebut dengan menambahkan lagu Blackpink.

"versi blekping," tulis akun bles***shoo pada keterangan video.

Tak hanya netizen, Chef Arnold Poernomo pun tidak bisa menahan diri untuk mengeluarkan komentarnya.

"HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA DUOOOOORRRRR ENDOG E MENCOLOT," tulis Chef Arnold.

Namun, bukan Arnold namanya jika tidak memberikan penjelasan ilmiah tentang alasanya terjadinya fenomena tersebut kepada para netizen. Ya, meski Arnold hobi nge-julid, bapak anak satu anak ini sebetulnya cukup rajin memberikan informasi-informasi seputar dunia memasak.

Menurut Arnold, ada dua faktor yang membuat telur itu tiba-tiba meledak. Pertama karen suhu minyak yang sangat panas. Kedua, ada endapan air yang mungkin berasal dari sutil yang digunakan, atau uap dari telur itu sendiri.

"Secara otomatis air mulai mendidih dan menguap dan jadilah endapan uap yang perlu escape (atau dikeluarkan) makanya itu DUUUUAAAARRRRRR MBLEDOSSSS BRAYYYYY. TIM GEGANA HELEEEPPPPPPPP," jelas Arnold.

Cuitan Arnold itu akhirnya memicu berbagai respons kocak netizen yang kebetulan pernah mengalami pengalaman serupa.

"Pantesan kalo masak telur ceplok, aku memberikan jarak 3 meter dari kompor," tulis akun @Ir***inaidz.

"Setuju sih chef,mau minyak banyak atau sedikit bisa ajah meletup klo ada airnya..

Saya goreng telur,minyak banyak kadng meletup kadang enggak. kadang minyak dikit juga meletup kadang enggak," tulis akun @dev***ynebae.

"mungkin ga chef kalo itu karena telor dari kulkas terus langsung diceplok di minyak panas?," tanya seorang netizen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini