Musik EDM Berdampak Baik untuk Kesehatan Mental, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 481 2144309 musik-edm-berdampak-baik-untuk-kesehatan-mental-mitos-atau-fakta-KIPNN9qiN7.jpeg Ilustrasi (Foto : Time)

Peneliti sudah banyak yang membuktikan bahwa mendengarkan musik akan memberi dampak yang baik untuk otak seseorang. Semakin dini diperdengarkan musik, semakin maksimal fungsi kerja otaknya.

Dalam laman Time, peneliti mengungkapkan bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati hingga menangkal depresi. Musik juga punya fungsi untuk meningkatkan aliran darah, menurunkan kadar hormon terkait dengan stres, dan mendengarkan musik sebelum operasi dapat meningkatkan hasil pasca operasi.

Tapi, bagaimana fungsi musik ini bisa dirasakan seseorang?

Musik

Diterangkan profesor epidemologi di School of Public Health University West Virginia University Kim Innes, musik secara selektif mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak yang terkait dengan suasana hati yang positif. Selain itu, musik juga mengatur emosi, perhatian, dan memori dengan cara mempromosikan perubahan yang menguntungkan.

Lebih lanjut, Innes juga menemukan bahwa ada manfaat yang serupa antara musik dengan meditasi. Jadi, baginya musik adalah alat yang berpotensi ampuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Di sisi lain, apakah mendengarkan musik EDM punya manfaat yang serupa dengan apa yang diterangkan Innes?

Laman EDMTunes punya jawabannya. Diterangkan di sana bahwa peneliti menemukan, musik EDM merangsang kreativitas otak seseorang dan membantu Anda keluar dari kebosanan. Meski EDM itu bagus, tapi disarankan untuk mendengarkan musik EDM dengan nada yang tidak terlalu kencang atau pun terlalu lambat.

Musik

Mungkin Anda pun akan berargumen bahwa musik EDM akan sangat baik dalam meningkatkan semangat dalam melakukan olahraga di pusat kebugaran, tapi sekali lagi, ada baiknya memulai musik EDM dengan yang bernada sedang. Ini demi mendapatkan manfaat yang diharapkan.

Di sisi lain, dalam laman WUndergroundMusic, dikatakan di sana bahwa mendengarkan musik EDM sejak kecil akan memberi dampak yang kurang baik untuk mental si anak.

Anak Dengar Musik

Dijelaskan Simon Lewis atau yang biasa disapa dr Si, anak-anak yang mendengarkan musik EDM memiliki masalah di masa dewasanya. Anak-anak ini akan menjadi pencandu pesta, pengguna obat-obatan terlarang, atau mudah sekali berkata kasar. So, mau percaya yang mana?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini