Gunanya Anak Belajar Berfokus di Kehidupannya, Moms Pasti Takjub!

Tiara Syifa, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 481 2144340 gunanya-anak-belajar-berfokus-di-kehidupannya-moms-pasti-takjub-rohEXo8kiH.jpg Ilustrasi. (Foto: SCMP)

PERNAHKAH dirimu mendengar mindfulness? Jika tidak, mindfulness merupakan satu praktik yang dapat membuat Anda fokus dengan hal yang sedang dikerjakan, tanpa memikirkan hal lain.

Sebaiknya, sejak dini Anda sangat dianjurkan untuk mengajari anak agar lebih mudah berfokus. Banyak manfaat yang didapatkan saat Anda mempraktikkan hal tersebut.

anak

Dilansir Okezone dari SCMP, South Kay, warga Australia yang berasal dari Singapura, menginginkan anaknya tumbuh menjadi orang yang bijaksana, aktif, kreatif, dan kuat secara emosional. Begitu ia mengetahui di One World International School (OWIS) memasukkan ilmu berfokus sebagai rutinitas sehari-hari, Kay langsung mendaftarkan anak-anaknya.

Kay mengatakan, sekolah menawarkan kurikulum yang baik adalah hal yang bagus, namun ia juga menghargai jika sekolah tersebut mengajarkan muridnya untuk belajar berfokus. Selain itu, Anda bisa mengajari anak-anak untuk meditasi dan yoga, demi mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional mereka.

Anak-anaknya, menurut Kay, menjadi lebih riang, kuat, dan percaya diri semenjak bersekolah di OWIS. Sebab mereka mempelajari ilmu mindfulness.

“Ilmu ini sangat penting untuk anak-anak karena dapat membantu mereka untuk mengenal diri sendiri. Banyak anak yang tidak memiliki waktu untuk hal tersebut karena terlalu fokus dengan sekolah dan kegiatan lainnya,” jelas Kay.

Kepala Sekolah OWIS Michelle Dickinson, mengatakan, saat belajar berfokus dapat membuat siswa membangun kemampuan mengingat dan memberikan perhatian, serta menjernihkan pikiran mereka dari pengaruh eksternal. Dengan mengajarkan ilmu ini, siswa dapat mengeksplorasi tanggapan alternatif untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Instruktur Mindfulness di Balance Health, Hong Kong, Angie Bucu, menambahkan, ilmu berfokus ini bermanfaat bagi anak-anak. Karena bisa mengajarkan mereka untuk memikirkan sejenak apapun yang sedang mereka lakukan, serta melepaskan diri dari mode autopilot.

Pendiri dan Direktur My Peaceful Universe, rumah sakit anak di Australia Mary Fitzgerald, menjelaskan, cara ini sangat membantu anak berkonsentrasi dengan lebih baik, memahami dan mengatur emosi, mengatasi kegelisahan dan ketakutan, mengendalikan hati, dapat merasa iba terhadap orang lain, dan bisa menghargai yang ada di sekitarnya.

anak

“Ketika pikiran dan perasaan mereka lebih jeli, anak-anak bisa memilih cara untuk bereaksi dan bersikap. Dengan bersikap penuh perhatian, mereka akan memberikan kebahagiaan dan meningkatkan harga diri karena mengajarkan anak-anak untuk ramah terhadap diri sendiri,” jelas Fitzgerald.

Selain itu, anak-anak yang bersikap penuh perhatian cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang dapat membuat keputusan yang lebih baik. Mereka juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena masalah kesehatan mental.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini