nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sheet Mask, Benar Bermanfaat atau Cuma Tren?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 23:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 20 611 2144440 sheet-mask-benar-bermanfaat-atau-cuma-tren-p150n8BQHu.jpg Sheet mask benar bermanfaat? (Foto: SCMP)

Sheet mask semakin hari kehadirannya semakin tenar di dunia kecantikan. Tidak hanya digunakan orang biasa, bahkan selebrit dunia seperti Lady Gaga dan Chrissy Teigen, juga tidak ketinggalan menggunakan sheet mask sebagai salah satu rangkaian ritual perawatan kulit wajah mereka.

Sheet mask hadir dalam bentuk lembaran berbentuk siluet wajah yang biasanya dikemas dalam satu kemasan plastik. Kerap disebutkan berfungsi untuk melembapkan, eksfoliasi, hingga detoks.

Semakin populer di berbagai penjuru dunia, Larissa Jensen, seorang analis industri kecantikan dari NPD Group, mengatakan sekarang yang namanya sheet mask itu adalah salah satu esensi dalam ritual perawatan kecantikan. Hal ini terkait dengan adanya peningkatan minat terhadap produk-produk kecantikan dan penampilan di linimasa media sosial Instagram.

 Sheet mask

“Sheet mask telah menjadi elemen penting di dalam ritual perawatan diri. Dulu unik, sekarang bisa dibeli di mana saja,” ungkap Larissa.

Mengacu pada pernyataan di atas, nyatanya di lapangan memang nilai penjualan sheet mask yang dulu mungkin hanya bisa ditemukan di pasar Asia, namun kini sudah bisa didapatkan dengan mudah di mana-mana ini mengalami peningkatan di tahun 2019. Nilai penjualan sheet mask di tahun 2019, disebutkan melonjak dua kali lipat selama lima tahun ke belakang, mencapai nilai penjualan sebesar USD205juta di tahun 2019.

Dengan hype yang begitu besar, sebetulnya apakah sheet mask ini sendiri benarkah memang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah atau malah hanya sekedar tren semata?

Bagi Anda penggemar fanatik sheet mask , penjelasan dari dermatologist dari New York, Arash Akhavan ini mungkin bisa membuat patah semangat. Arash mengungkapkan, kandungan seperti hyaluronic acid, kolagen hingga anti-inflamasi yang ada di dalam sheet mask memang dapat memberikan efek pada tampilan kulit wajah. Namun sayangnya hanya bersifat sementara saja.

 Sheet mask

“Kandungan bahan yang ada di sheer mask seringnya sama dengan yang ada di cleanser, toner, serum atau pelembap. Kulit wajah jadi lembap, jadi secara tampilan luar lebih baik. Tapi itu peningkatan yang sementara saja, akan memudar seiring berjalannya waktu kembalinya kulit ke kondisi tingkat hidrasi normal,” jelas Arash, seperti dikutip Southchinamorningpost, Jumat (20/12/2019).

Tapi bukan berarti penggunaan sheet mask menjadi sia-sia loh! Penggunaan sheet mask dalam ritual perawatan kecantikan kulit wajah tetap baik dilakukan. Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari pemakaian sheet mask , sebagaimana dijelaskan ahli facial para selebriti dunia, Graceanne Svendsen, dengan catatan produk sheet mask yang dipakai memang cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah, berkualitas dan digunakan secara konsisten.

Banyak orang yang rutin memakai sheet mask namun salah memilih tipe yang tepat. Contohnya pemilik kulit wajah berjerawat, malah memilih sheet mask yang membuat wajah jadi kering.

“Banyak yang kulitnya berjerawat malah pilih sheet mask yang bikin kering, padahal yang dibutuhkan sebetulnya hidrasi,” jelas Graceanne.

 sheet mask

Terakhir, Arash mengungkapkan memilih memakai sheet mask yang berharga mahal bukan jadi jaminan untuk hasil yang lebih baik. Alih-alih yang super mahal, ia menyarankan lebih baik memilih produk yang memprioritaskan kandungan bahan-bahan alami dan menghindari paraben.

“Saya rasa tidak perlu untuk memakai sheet mask yang paling mahal hanya agar dapat hasil lebih baik. Ini tidak benar, untuk kategori tipe kulit apapun. Anda hanya harus menemukan apa yang cocok untuk kulit Anda,” pungkas Arash.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini