nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Lidah Mertua, Ini Tanaman Lain yang Ampuh Usir Ular Kobra

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 21 Desember 2019 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 21 612 2144596 -PwCibjZCEw.JPG Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMUNCULAN ular kobra di berbagai wilayah membuat masyarakat cemas. Maka tak heran bila banyak yang mencari informasi guna mencegah masuknya ular ke rumah. Salah satu cara yang bisa menjadi pilihan adalah menanam tanaman tertentu.

Ada beberapa tanaman yang dapat mengusir ular kobra dan lainnya dengan aromanya. Memang, ular tidak suka bau yang kuat. Melansir Pests, berikut ini adalah empat tanaman yang dapat mengusir ular:

Marigold

Tanaman yang ampuh untuk usir ular

Umumnya tanaman marigold digunakan untuk mencegah hama. Akar tanaman yang tumbuh dan agresif dapat mengeluarkan bau kuat sehingga mengusir banyak hama serta hewan kebun.

Meskipun dapat menyediakan tempat persembunyian bagi tikus dan mangsa ular lainnya, bau yang kuat dari akar membuat hewan tidak betah. Di sisi lain, bunga-bunga marigold yang cerah dapat menambah keindahan rumah.

Lidah mertua

Tanaman yang ampuh untuk usir ular

Tanaman terbaik untuk mengusir ular adalah lidah mertua. Hal ini dikarenakan daunnya yang tajam. Tidak seperti tanaman beraroma kuat, ular melihat tanaman lidah mertua sebagai sesuatu yang menakutkan sehingga cenderung menjauhinya.

Tanaman ini juga dapat meremajakan oksigen pada tingkat yang lebih tinggi dari normal sehingga baik untuk kualitas udara di rumah.

Sereh

Tanaman yang ampuh untuk usir ular

Menghasilkan aroma jeruk membuat tanaman sereh dapat menghalangi ular masuk ke rumah. Selain itu, kandungan citronella dari sereh juga tidak disukai nyamuk.

Oleh karenanya, selain mencegah ular masuk ke rumah, sereh juga dapat membuat rumah bebas dari nyamuk. Di musim hujan seperti sekarang ini jumlah nyamuk dapat dipastikan meningkat.

Bawang

Tanaman yang ampuh untuk usir ular

Tanaman bawang, entah itu bawang merah maupun bawang putih, sangat berguna untuk mengusir ular. Kedua tanaman ini mengeluarkan bau yang tidak disukai ular dan juga membingungkan.

Tanaman bawang putih dianggap sebagai tanaman terbaik untuk mengusir ular karena mengeluarkan residu berminyak. Aromanya juga seperti semprotan merica yang tidak disukai ular.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini