nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Cuci Sneakers Anti-Luntur, Enggak Susah Kok!

Adityo Bagas, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 23 194 2145235 5-trik-cuci-sneakers-anti-luntur-enggak-susah-kok-uQpBb8TLCp.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram)

SEPATU yang sering dipakai pasti akan kotor dan bau. Supaya kembali bersih dan nyaman digunakan, Anda pun harus mencucinya.

Tapi mencuci sneakers jadi salah satu kebiasaan tersulit buat sebagian kalangan. Kalau salah teknik, sneakers kesayangan Anda bisa rusak atau warnanya luntur.

Tak usah khawatir, Okezone pun membeberkan trik mencuci sneakers anti-luntur yang bisa Anda ikuti. Berikut ulasan selengkapnya, dilansir Okezone dari Esquire, Senin (23/12/2019).

sneakers

1. Lepaskan tali sneakers

Hal yang pertama dilakukan adalah melepaskan tali sneakers Anda. Anda dapat memasukkan talinya tersebut ke dalam mesin cuci. Tapi pastikan Anda harus membersihkan dari kotoran yang menempel, agar tidak rawan terkena pakaian lainnya. Lalu jika sneakers sangat kotor, gunakan sikat yang halus dan semprotkan dengan aliran air bersih.

2. Ketahui putaran mesin cuci

Gunakan putaran mesin cuci dengan kecepatan rendah, agar aman untuk sneakers Anda. Selain itu, dapat mengurangi jumlah gesekan pada sneaker Anda. Cobalah!

3. Berikan bahan penyangga yang lembut

Agar sneakers Anda terlindungi dari gesekan mesin cuci, Anda harus mengisi atau mengganjalnya dengan beban, seperti handuk, selimut, atau kaus. Berhati-hatilah saat memasuki bahan tersebut saat bersamaan dengan sneakers yang kotor. Jadi jangan mencuci bahan Anda, apalagi yang berwarna putih. Anda juga harus berhati-hati saat mencuci bahan yang halus apapun bersaman dengan barang-barang berat seperti sneakers.

4. Hindari deterjen yang tidak berlebihan

Ketika kita mencuci sesuatu, penggunaan deterjen yang lebih banyak akan membuat sesuatu tersebut dengan bersih, padahal kenyataannya tidak. Deterjen yang terlalu kering akan meninggalkan residu sabun, kemudian efeknya membuat sneakers Anda kaku. Alhasil bisa terjadi perubahan warna atau luntur. Gunakanlah deterjen secukupnya, supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada sneakers Anda.

5. Keringkan, tapi jangan jemur di bawah sinar matahari

sneakers

Saat sneakers sudah selesai dicuci pastikan segera keringkan. tapi jangan jemur di bawah sinar matahari karena bisa merusak sneakers kesayangan Anda. Paling tidak letakkan di depan atau di dekat kipas angin dengan jendela terbuka, atau bisa juga pada udara yang terkena AC.

Jika sneakers memiliki alas kaki yang dapat dilepas, sebaiknya keluarkan alas kaki tersebut agar mempercepat proses pengeringan. Jemur juga di luar ruangan, tanpa terkena sinar matahari.

Setelah sneakers Anda telah kering, Anda dapat merapikannya kembali dengan memasukkan alas kakinya lagi dan memasang talinya. Kemudian siap untuk kembali tampil menarik dengan sneakers yang terlihat bersih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini