nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Ciri Daging yang Sudah Tak Layak Konsumsi, Awas Keracunan

Tiara Syifa, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 298 2145126 2-ciri-daging-yang-sudah-tak-layak-konsumsi-awas-keracunan-wySq0LhTbZ.jpg Periksa keamanan daging (Foto: Beefmagz)

DAGING sama seperti makanan lainnya yang mudah busuk jika didiamkan di suhu ruang. Anda bisa memilih untuk menaruhnya di dalam freezer untuk memperlambat pembusukan. Namun, bukan berarti Anda bisa mendiamkan daging tersebut dengan jangka waktu yang lama bisa saja ada bakteri yang hinggap.

Terlebih pada daging kemasan. Biasanya daging ini disajikan beku dan dimasak sebagai steak. Sebelum Anda memangganya, periksalah tanggal kedaluwarsa yang tertera. Anda harus memerhatikan tanggal “sell-by” yang ada pada kemasan daging.

Daging

Memang mudah melihat daging kemasan itu masih layak dikonsumsi atau tidak. Anda bisa cek tanggal kedaluwarsanya atau dari aromanya. Namun ada sejumlah hal lain yang menjadi pertanda kalau daging tersebut sudah tidak layak konsumsi.

Ketika memeriksa tanggal “use-by” yang berada di kemasan daging. Anda bisa memakan daging tersebut sedikit lebih lama, tetapi untuk lebih amannya konsumsilah sebelum tanggal itu.

 Ilustrasi kemasan daging

Setelah dilihat tanggal kedaluwarsanya, lalu cek kondisi daging tersebut. Jika saat Anda menyentuh daging dan merasakan ada lender, sebaiknya buanglah daging tersebut apalagi sudah berbau tengik. Anda juga bisa memerhatikan warna dari daging steak. Jika terdapat warna kuning, kecokelatan, atau kehijauan, maka daging tersebut sudah terpapar bakteri.

Bau bisa menjadi indikator terakhir jika Anda masih ragu dengan langkah sebelumnya. Daging mentah umumnya tidak akan memiliki aroma yang harum seperti bunga, tetapi tidak akan memiliki aroma yang busuk juga. Jika saat Anda mencoba untuk menghirup aroma dari daging steak dan mencium aroma yang tidak sedap, sudah seharusnya Anda membuang daging tersebut.

 daging

Menurut FoodSavety.gov steak dapat bertahan di dalam freezer selama 12 bulan, tetapi lebih baik jika Anda memeriksanya terlebih dahulu sebelum dipanggang. Keracunan makanan karena kesalahan sendiri bisa menjadi hal yang sangat memalukan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini