nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posisi Tepat Memompa ASI biar Susunya Deras

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 481 2145222 posisi-tepat-memompa-asi-biar-susunya-deras-kBvdfSyrlz.jpg Pompa ASI (Foto: Verywell)

MEMOMPA ASI (air susu ibu) di toilet atau ruang menyusui yang ada di kantor atau tempat bekerja, di sela-sela waktu rehat bekerja sudah jadi kegiatan sehari-hari bagi para ibu bekerja alias working mom demi bisa memenuhi asupan air susu pada anak tercinta.

Jika diperhatikan di lingkungan sekitar kita, tidak sedikit para ibu bekerja ini memompa ASI dengan tidak terlalu memperdulikan posisi tubuh saat memompa. Tidak sedikit, para ibu yang memompa ASI di toilet atau ruang menyusui, memompa dengan posisi berdiri.

 Pompa ASI

Tahukah moms, sebetulnya berdiri bukanlah posisi yang tepat untuk memompa ASI. Seperti dikatakan Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, alih-alih berdiri, idealnya posisi yang tepat saat memompa air susu itu adalah duduk. Duduknya juga bukan asal duduk loh! Namun posisi duduk dengan punggung yang bersandar.

“Posisi ergonomis untuk laktasi adalah pada saat dia harus duduk bersandar punggung, jadi yang menyangga itu otot punggung. Makanya otot punggungnya itu harus dibikin rileks. Wajibnya, bersandar dalam posisi yang tidak 90 derajat tegak lurus, kalau lurus tidak akan rileks,” ujar Dr. dr. Ray kala ditemui di bilangan Jakarta Selatan belum lama ini.

 Pompa ASI

Dengan posisi yang dijelaskan di atas, akan membuat otot di sekitar tubuh ibu akan berkontraksi. Situasi ini membuat kelenjar payudara akan fokus mengeluarkan air susu. Akan lebih baik lagi, jika ibu yang sedang memompa air susu duduk di kursi yang ergonomis, sehingga tubuh ada di posisi duduk yang enak.

Well, selain posisi tubuh, Dr. dr. Ray menambahkan, ketika memompa ibu wajib yang namanya menaruh fokus penuh atau dengan kata lain jangan sampai terdistraksi.

 Pompa ASI

“Pompa sambil ngobrol akan terdistraksi, tidak akan terproduksi dengan baik,” tutup Dr. dr. Ray

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini