nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kuliner Khas di Sekitar Jalur Mudik yang Wajib Kamu Coba

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 14:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 298 2145598 4-kuliner-khas-di-sekitar-jalur-mudik-yang-wajib-kamu-coba-hcgxgTgFGH.jpg Nasi grombyang khas Pemalang (Foto: candy_foodies/Instagram)

Saat mudik tentu menjadi hal yang paling menyenangkan yang kamu alami, selain akan bertemu keluarga besar di kampung. Salah satu yang menjadi momen menyenangkan adalah mencicipi kuliner khas kampung tersebut.

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing. Jika kamu mudik dari Jakarta menuju ke daerah Jawa lewat jalur darat, kamu bisa mencoba kuliner khasnya. Ini beberapa kuliner yang bisa kamu coba yang telah Okezone rangkum.

1. Empal Gentong, Cirebon

 Makanan di jalur mudik

(Foto: travelingyuk)

Saat kamu pergi ke Cirebon, kuliner yang kamu wajib coba yaitu empal gentong yang merupakan makanan khas Cirebon. Empal gentong adalah olahan daging sapi yang mirip seperti gulai yang dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong.

2. Soto Tauto, Pekalongan

Makanan di jalur mudik

 (Foto: cicikokokulineran/Instagram)

Bagi kalian yang mudik ke Pekalongan, dan hendak berkuliner maka makanan yang wajib kamu coba adalah Soto Tauto asal Pekalongan ini nih. Soto Tauto adalah soto yang menggunakan daging ayam ataupun sapi, namun yang menjadi ciri khas soto ini adalah menggunakkan tauco. Kuliner ini menjadi makanan favorit para pemburu makanan yang pergi ke Pekalongan.

3. Sate Blengong, Brebes

Makanan di jalur mudik

 (Foto: sateblengong/Instagram)

Pulang kampung ke Brebes? Gak seru kalau belum nyobain Sate Blengong khas Brebes ini. Sate Blengong merupakan perpaduan daging hasil pesilangan antara bebek dan entok. Untuk rasa dagingnya sama rasanya seperti daging bebek. Biasanya sate blengong disajikan bersama kupat glabet yang merupakan kupat yang banyak ditemukan di kota Brebes.

4. Nasi Grombyang, Pemalang

Makanan di jalur mudik

 (Foto: candy_foodies/Instagram)

Nah makanan yang harus kamu coba saat kamu pulang kampu ke Pemalang adalah Nasi Grombyang. Nama makanan ini berasal dari penyajian makanannya yang lebih banyak kuahnya dibanding isinya, sehingga makanan tersebut terlihat seperti bergoyang-goyang yang dalam bahasa jawa grombyang-grombyang. Nasi Grombyang ini berisi nasi, suwiran daging sapi, yang di siram dengan kuah kaldu, dan tak lupa taburan daun bawang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini