nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Gua Eksotis di Indonesia Cocok untuk Pencinta Caving

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 406 2145489 5-gua-eksotis-di-indonesia-cocok-untuk-pencinta-caving-XSkfrCabkr.jpg Gua Jomblang Gunungkidul. (Foto: Instagram/Travel2traverse)

SELAIN memiliki pantai yang indah, Indonesia juga merupakan rumah bagi berbagai gua yang unik. Setiap gua bahkan memiliki ciri khas masing-masing, yang siap memberikan pengalaman baru bagi para wisatawan.

Sebut saja Gua Jomblang di Gunungkidul yang populer berkat fenomena ‘cahaya surga’. Ada juga gua lainnya yang enggak kalah keren yang sering diincar wisatawan.

Sebabnya di gua banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Misalnya saja mencoba sensasi menyusuri gua atau juga dikenal dengan istilah caving.

Biar enggak penasaran, berikut Okezone rangkumkan lima rekomendasi gua yang wajib Anda sambangi, ditulis Selasa (24/12/2019).

Gua Jomblang, Gunungkidul

gua jomblang

(Foto: Instagram/travel2traverse)

Anda tentu sudah familiar dengan gua yang satu ini. Gua vertikal sedalam 80 meter ini memang menjadi salah satu objek wisata paling populer di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Salah satu keunikan Gua Jomblang adalah fenomena ‘cahaya surga’ atau ketika cahaya matahari masuk ke dalam gua melalui lubang di atasnya.

Saking cantiknya pemandangan dalam gua ini, banyak wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk menyaksikan secara langsung pesona Gua Jomblang. Tapi jangan salah, suasana di dalam gua ini juga terasa sangat mencekam. Santer beredar kabar, Gua Jomblong merupakan satu dari sekian banyak lokasi yang digunakan untuk mengeksekusi anggota PKI.

Gua Parat, Pangandaran

gua parat

(Foto: Instagram/Josefusan)

Terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, keunikan Gua Parat terletak pada struktur batu di dalamnya yang memiliki bentuk menyerupai alat kelamin pria dan wanita. Tak heran bila batu tersebut di beri nama Batu Kelamin.

Mitosnya, barang siapa yang berhasil memegang batu tersebut, maka akan dientengkan jodohnya. Di samping itu, Gua Parat juga menjadi rumah bagi hewan-hewan liar seperti kelelawar dan landak.

Gua Gong, Pacitan

gua gong

(Foto: Instagram/ Rosyidatmanto)

Selain Pantai Klayar, Gua Gong merupakan primadona wisata di Kota Pacitan, Jawa Tengah. Gua ini selalu ramai dipenuhi para pengunjung dari berbagai daerah karena kecantikannya. Di dalam gua ini, pengunjung akan dihipnotis oleh hiasan lampu warna-warni, yang membuat tampilan stalaktit dan stalakmit menjadi sangat memukau.

Tak hanya itu, bebatuan yang ada di gua ini juga dapat menimbulkan bunyi menyerupai alat musik tradisional Jawa yakni, Gong saat dipukul. Dari sinilah nama gua tersebut diambil.

Gua Susu, Lombok

gua susu

(Foto: Instagram/ susu_cave)

Bagi Anda yang berencana liburan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, jangan lupa mampir ke Gua Susu yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur. Sesuai dengan namanya, keunikan gua ini terletak pada warna dindingnya yang putih menyerupai susu.

Di dalamnya, pengunjung juga dapat merasakan sensasi sauna alami yang berasal dari panas bumi yang keluar dari perut gua ini. Menurut kepercayaan penduduk setempat, Gua Susu juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Gua Batu Cermin, Labuan Bajo

gua batu cermin

(Foto: Instagram/ Indonesia Travel)

Labuan Bajo tak hanya memiliki segudang pantai yang indah menggoda, tempat ini ternyata menyimpan harta karun lainnya yakni, Gua Batu Cermin. Santer beredar kabar bahwa gua ini dulunya berada di dasar laut. Hal ini berkaitan dengan penemuan koral dan fosil binatang laut seperti kura-kura yang menempel di dinding gua.

Selain itu, ada juga dinding yang menyerupai patung Bunda Maria yang terbentuk secara alami. Saat musim hujan tiba, dasar gua cenderung digenangi air. Namun ketika ada cahaya matahari yang masuk, justru akan membuat suasana seisi gua seperti kristal yang berkilauan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini