nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Peralatan yang Wajib Dibawa saat Susur Gua

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 14:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 24 406 2145610 8-peralatan-yang-wajib-dibawa-saat-susur-gua-XQdpK7ISPj.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram)

SELAIN mendaki gunung, caving merupakan salah satu kegiatan outdoor yang cukup digandrungi para pencinta alam. Tantangan dan medan yang harus dilalui pun tidak sembarangan.

Setiap caver harus siap melewati medan berlumpur, lorong yang sempit, tumpukan bebatuan, hingga genangan air yang cukup dalam. Jadi jangan heran bila semua persiapan harus dilakukan secara matang, termasuk menyiapkan peralatan khusus untuk menunjang kegiatan tersebut.

Ada 8 peralatan khusus caving yang wajib Anda bawa sebelum memulai petualangan seru. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini.

caving

Cover all

Sebelum memasuki gua, Anda harus mengenakan pakaian khusus caving. Perlengkapan ini biasanya disebut dengan istilah cover all. Cover all akan melindungi tubuh dari gesekan serta menjaga suhu tubuh selama berada di dalam gua yang dingin dan lembab. Sekilas, bentuk cover all menyerupai jumpsuit di mana bagian atas dan bawahnya tersambung serta memiliki lengan panjang.

Helm speleo

Untuk meminimalisir cedera kepala yang disebabkan oleh benturan dan runtuhan bebatuan, Anda memerlukan pelindung kepala. Salah satu yang direkomendasikan adalah helm speleo. Tak hanya didesain khusus untuk melindungi kepala, helm ini juga dilengkapi tali dan memiliki ruang khusus untuk meletakkan headlamp atau lampu penerangan (senter).

Boots

Sepatu yang digunakan untuk caving pun tidak boleh sembarangan. Anda wajib mengenakan sepatu boots berbahan karet mengingat medan di dalam gua cenderung berair. Sepatu ini juga berfungsi untuk melindungi Anda dari bebatuan. Jangan lupa pilih boots yang nyaman di kaki, karena Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di dalam gua.

Boom (generator carbide)

Peralatan caving ini merupakan tabung yang dilengkapi selang dan terhubung pada helm speleo. Jumlah tabungnya sendiri terbagi menjadi dua bagian. Tabung atas berfungsi untuk menampung air, sementara tabung bawah digunakan untuk mengisi karbit sebagai penerangan.

Headlamp atau senter

Untuk menyisiri gua, Anda tentu membutuhkan alat penerangan. Ada dua jenis alat penerangan yang paling sering direkomendasikan yakni, senter atau headlamp (penerangan elektrok), serta karbit atau lilin (penerangan non elektrok). Pilihlah alat paling praktis untuk Anda gunakan supaya kegiatan caving berjalan lancar dan aman.

Pelindung tangan

Benda penting lainnnya yang harus Anda siapkan adalah pelindung atau sarung tangan. Sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari bebatuan tajam, dan gesekan tali yang terkadang menimbulkan luka dan sensasi panas.

Pelampung

Anda juga harus membawa peralatan emergency seperti pelampung, apalagi bila kondisi genangan air di dalam gua cukup dalam. Penggunaan pelampung akan meminimalisir risiko Anda tenggelam saat melakukan penyisiran.

Single Rope Technique (SRT) set

Setiap caver wajib membawa SRT yang telah disesuaikan dengan ukuran tubuh mereka. Alat ini akan memudahkan Anda dalam menyisiri gua, terutama bila menemui medan-medan sulit yang memaksa Anda untuk menggunakan alat bantuan berupa tali. SRT set sendiri terbagi menjadi beberapa komponen antara lain, sear harness, ascender, descender, dan karabiner.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini