nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mudik Natal Naik Pesawat Biar Bayi Enggak Rewel

Tiara Syifa, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 24 481 2145686 tips-mudik-natal-naik-pesawat-biar-bayi-enggak-rewel-zzdZdbjNuB.jpg Ilustrasi. (Foto: Tripsavvy)

JIKA Anda hendak mudik Natal bersama bayi, pesawat dapat menjadi pilihan terbaik. Dengan menggunakan pesawat, waktu yang Anda butuhkan untuk sampai ke tempat tujuan menjadi lebih cepat.

Namun, di saat yang bersamaan Anda juga cemas karena pertama kali membawa bayi bepergian dengan pesawat. Mulai dari ketidaktahuan tentang peraturan-peraturan maskapai, hingga takut bayi tidak nyaman selama perjalanan bisa menjadi hal yang membingungkan untuk Anda.

Dilansir Bellybelly, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika memutuskan mudik Natal bersama bayi naik pesawat. Simak yuk Moms biar enggak bingung lagi!

baby on board

1. Buat persiapan perjalanan

Sebelum memulai perjalanan mudik Natal menggunakan pesawat, ada baiknya Anda mengetahui beberapa peraturan atau informasi yang berlaku di maskapai. Beberapa maskapai memiliki ketentuan batasan usia untuk anak-anak. Saat memesan tiket, Anda bisa bertanya kepada petugas reservasi berapa usia minimal untuk anak-anak mengikuti penerbangan.

Perlu diketahui, jika anak Anda berusia hingga dua tahun, ia bisa duduk di pangkuan. Anda juga mendapatkan sabuk pengaman tambahan. Bahkan, di beberapa wilayah, Anda bisa membeli tiket tambahan sehingga anak dapat duduk di kursi keselamatan yang disetujui maskapai.

2. Kemaslah barang-barang secara ringkas

Bepergian bersama bayi dapat membuat Anda kesusahan jika terlalu banyak barang yang dikemas. Maka dari itu, kemaslah barang-barang Anda dan anak semudah mungkin. Buatlah barang tersebut tetap berada di jangkauan.

Satu hal yang sangat harus berada di jangkauan Anda adalah popok ganti dan tisu basah. Selain itu, Anda bisa membawa krim popok, lotion bayi, sunblock, dan beberapa barang yang Anda butuhkan. Namun, biasanya maskapai memberi aturan maksimal 100 mililiter untuk cairan yang dapat dibawa ke kabin, kecuali untuk susu dan makanan bayi.

Anda juga bisa mengemas beberapa mainan agar bayi tidak rewel selama berada di perjalanan. Hal terpenting yang juga harus Anda kemas adalah obat-obatan. Anda memang tidak bisa memberikan sembarang obat kepada anak tapi Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.

3. Pilihlah tempat duduk yang nyaman

Tempat duduk menjadi salah satu hal yang bisa memengaruhi kenyamanan selama perjalanan. Pilihan terbaik jika Anda bersama bayi adalah tempat duduk paling depan. Selain ruang kaki yang lebih luas, Anda juga tidak perlu merasa mengganggu orang lain karena terlalu banyak bergerak.

Selain memilih tempat duduk yang tepat, saat ingin menaiki pesawat Anda bisa memilih untuk masuk terakhir, meskipun beberapa maskapai mengizinkan untuk lebih dulu daripada penumpang lain. Namun, semakin sedikit waktu Anda diam, semakin baik untuk mencegah anak Anda bosan karena terlalu lama menunggu.

4. Gunakanlah pakaian yang nyaman

Pakaian juga menjadi faktor yang dapat membuat Anda dan bayi nyaman atau tidak selama perjalanan. Buatlah bayi Anda mengenakan pakaian yang tipis sehingga dapat memudahkan jika harus menambahkan pakaian lainnya saat cuaca dingin.

Kenakan bayi Anda pakaian yang nyaman agar ia bisa tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa melakukan hal di atas untuk diri sendiri.

Anda juga dapat membawa gendongan untuk menambah kenyamanan si bayi saat tertidur dan bisa tetap melanjutkan aktivitas seperti membaca buku. Selain gendongan, Anda juga bisa membawa kereta dorong, tetapi pramugari akan menyimpannya selama perjalanan dan mengembalikan di akhir perjalanan.

5. Memberikan makan dan mengganti popok bayi

Jika Anda membawa susu atau makanan untuk bayi, cari tahu terlebih dahulu apakah maskapai yang Anda pakai dapat memanaskannya. Anda juga bisa memesan makanan bayi di beberapa maskapai sebelum masuk ke dalam pesawat.

Makanan dan susu bayi yang Anda bawa, juga bisa berguna untuk membuat anak tidak rewel saat lepas landas atau mendarat, karena dapat mengurangi tekanan di telinganya. Mainan juga bisa menjadi alternatif untuk mengalihkan perhatian bayi Anda.

Apabila ingin mengganti popok bayi, Anda bisa menggunakan toilet yang ada di pesawat. Cara ini lebih baik jika Anda harus menggantikan popok di kursi.

6. Buat bayi Anda tetap tenang

Buatlah diri Anda tetap tenang selama di perjalanan, sehingga bayi Anda tidak merasa gelisah. Karena si kecil pasti bisa membaca situasi sekitar, termasuk mengetahui perasaan sang ibu. Jika ia tetap gelisah, Anda bisa membawanya berjalan-jalan di sekitar kabin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini