nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Olahraga Ini Biar Otot Enggak Tegang saat Mudik Natal

Viola Triamanda, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 24 481 2145764 lakukan-olahraga-ini-biar-otot-enggak-tegang-saat-mudik-natal-oEtcvQfJ59.jpg Ilustrasi. (Foto: WTOV9)

LIBUR Natal dan Tahun Baru yang panjang telah datang. Banyak masyarakat yang memutuskan untuk berlibur dan mudik kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Bahkan arus mudik terpantau padat hari ini. Sebabnya banyak alasan orang yang nyaman mudik Natal dengan mengendarai mobil.

Selain lebih nyaman, orang yang mudik Natal naik mobil juga ingin menghemat bujet. Mengingat harga tiket pesawat, kereta api, dan transportasi umum lainnya yang melonjak naik.

berkendara

Pakar Kesehatan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, mengatakan, saat berkendara bukan berarti harus nonstop alias tidak beristirahat. Istirahat memang wajib dilakukan untuk mencegah risiko kecelakaan di jalan raya.

"Sebaiknya setelah dua sampai empat jam berkendara kita harus istirahat dulu, atau yang paling baik itu empat jam deh" ujar Prof Ari kepada Okezone, Selasa 24 Desember 2019.

Dia melanjutkan, agar tubuh Anda tetap fit di saat berkendara, Anda bisa melakukan beberapa gerakan-gerakan ringan selama Anda di rest area. Cara ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah Anda.

Anda diharuskan untuk menggerakkan badan sekira 10-15 menit. Fungsinya tentu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

"Gerakan-gerakan warming up adalah gerakan yang cocok untuk ini, yang penting bisa merelaksasi otot-otot," katanya lagi.

Gerakan tersebut tidak hanya bisa dilakukan di rest area. Saat kena macet pun Anda bisa melakukannya untuk merelaksasikan otot-otot Anda yang kram.

Di samping itu, sambung Prof Ari, saat sedang berkendara ruang gerak yang Anda miliki tentu sangat terbatas. Ketidaknyamanan ini bisa Anda atasi dengan mengenakan pakaian yang nyaman saat dikenakan.

"Menghindari pakaian ketat tentu akan menjadi pilihan yang baik. Selain itu atur juga harus mengatur posisi duduk dengan nyaman," bebernya.

Saat di perjalanan mudik Natal, jangan lupa untuk sering mengonsumsi air putih yang cukup. Cara ini akan membuat Anda terlihat lebih segar dan sehat.

Alhasil, keluarga yang sudah menunggu pasti akan senang menyambut kedatangan Anda. Selamat berlibur!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini