nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suami Tidak Transparan Soal Keuangan? Ini yang Harus Dilakukan Istri

Tiara Syifa, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 25 196 2145881 suami-tidak-transparan-soal-keuangan-ini-yang-harus-dilakukan-istri-3BRcLpjEwf.jpg Keuangan suami-istri (Foto: Thesavvycouple)

MENGELOLA keuangan bersama memang bukanlah hal yang mudah. Namun, hal tersebut harus Anda lakukan jika sudah berumah tangga. Anda atau pasangan harus saling transparan soal rincian-rincian keuangan yang dimiliki.

Lalu, bagaimana jika suami tidak berbagi rincian keuangan kepada Anda? Melansir The Economic Times, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk menentukan langkah selanjutnya.

 Mengelola keuangan

1. Ketahui apa saja yang menjadi hak finansial Anda

Sudah menjadi hak seorang istri dan anaknya untuk mendapatkan fasilitas dan kenyamanan seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan perawatan medis. Anda tidak perlu meminta ke suami atas kebutuhan di atas karena sudah sepantasnya ia memberikan hak tersebut.

Namun, ketahuilah Anda juga memiliki hak untuk mengetahui berapa besaran penghasilan suami. Hal itu penting karena dapat membantu Anda mengatur keuangan rumah tangga dan besaran uang yang dibutukan untuk pribadi.

2. Tunjukkan minat Anda untuk berbagi mengurus keuangan rumah tangga

Jika suami tidak berbagi informasi tentang rincian keuangan, bisa saja saat awal hubungan Anda tidak terlihat tertarik untuk mengelola bersama. Jika Anda mulai penasaran dan ingin mengubah hal tersebut, cobalah bicarakan dengan pasangan.

Anda perlu ingat, tidak cukup hanya menunjukkan minat terhadap informasi tersebut, tetapi juga harus membagi tanggung jawab mengelola keuangan sesuai dengan kemampuan. Anda bisa mendiskusikan hal itu bersama suami. Jika Anda pandai berinvestasi, maka ambillah bagian tersebut. Namun, jika Anda tidak menguasai hal itu, maka ambillah bagian mengeola keuangan rumah tangga dan pembayaran tagihan. Kemudian, Anda bisa meminta suami untuk mengurus investasi.

 Keuangan rumah tangga

3. Anda harus mendapatkan informasi aspek keuangannya

Jika suami malas berbagi informasi keuangan, Anda harus terus mencari tahu hal tersebut. Anda berdua harus saling mengetahui aspek keuangan itu. Pastikan Anda mengetahui semua akun dan kata sandi dari semua akun investasi online ataupun offline. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apakah investasi tersebut atas nama Anda atau pasangan. Ingatlah, sebisa mungkin Anda harus memiliki akses ke semua dokumen asli asuransi, wasiat, dan properti agar melancarkan proses transisi aset.

4. Mintalah bantuan mediator jika suami tetap menolak

 Keuangan rumah tangga

Jika suami tetap menolak berbagi informasi keuangan meskipun Anda sudah menjelaskan pentingnya hal tersebut, carilah mediator untuk membantu masalah Anda. Mediator bisa dari orang kepercayaan Anda dan pasangan.

Jika mediator tidak bisa membantu menyelesaikan masalah ini, cobalah minta bantuan ke penasihat keuangan agar dapat memberikan pandangan yang objektif dan pragmatis tentang pentingnya berbagi rincian keuangan. Jika hal tersebut tetap tidak berhasil, cobalah minta bantuan ke penasihat pernikahan karena hal tersebut bukanlah hanya sekadar masalah keuangan tapi sudah melibatkan pernikahan Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini