nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Liburan Akhir Tahun Sekeluarga Tapi Bingung karena ART? Ini yang Harus Dilakukan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 25 196 2145913 mau-liburan-akhir-tahun-sekeluarga-tapi-bingung-karena-art-ini-yang-harus-dilakukan-F58Oyp8x2s.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Libur Natal dan Tahun Barumemang dimanfaatkan oleh banyak keluarga sebagai waktu yang pas untuk berlibur bersama. Tapi liburan akhir tahun sekeluarga ini, biasanya juga mendatangkan dilema, salah satunya soal asisten rumah tangga (ART).

Mungkin sebagian pasangan suami-istri, apalagi masih punya anak kecil, bingung apa yang harus dilakukan mengenai ART saat hendak liburan akhir tahun sekeluarga.

Nah, daripada bingung mungkin empat ide ini bisa dijadikan bahan pertimbangan. Menyitat Asiaone, Rabu (25/12/2019) ini yang harus dilakukan dengan ART di rumah saat pergi liburan akhir tahun sekeluarga.

1. Ikut dibawa

Ini adalah pilihan cerdas, terlebih bagi pasangan yang mempunya anak-anak masih kecil, namun tetap ingin liburannya maksimal atau banyak daftar kegiatan atau tempat yang ingin dikunjungi. Membawa serta ART atau pengasuh di rumah untuk liburan sekeluarga, jadi pilihan yang lebih baik ketimbang membiarkan anak dijaga oleh orang asing di tempat yang asing pula.

liburan

Bonusnya, ART dan pengasuh Anda dapat merasakan pengalaman di negara atau tempat baru. Untuk pengaturan kamar, ART bisa di kamar bersama anggota keluarga perempuan atau idealnya diberikan kamar terpisah sendiri.

2. Diizinkan untuk pulang ke rumah

Liburan keluarga Anda dalam periode cukup panjang? Misalnya lebih dari dua pekan, maka ada baiknya Anda sebagai majikan bisa mengizinkan ART atau pengasuh Anda untuk pulang ke kampung halamannya.

Dengan begini ART Anda akan juga bisa menjenguk keluarganya di kampung. Sebagai majikan, Anda harus menanggung biaya transportasi mereka ya! Cara ini dinilai sebagai win-win solution untuk kedua belah pihak saat liburan akhir tahun. 

3. Ditinggal di rumah

Jika Anda sudah begitu percaya dengan ART di rumah, opsi satu ini bisa dipilih. Ditinggal di rumah untuk bisa membereskan pekerjaan bersih-bersih rumah yang lebih berat. Misalnya mencuci korden, membereskan dapur, dan tugas-tugas lainnya yang agak berat untuk dikerjakan sehari-hari.

beberes

Ingat, sebelum berangkat ada baiknya Anda membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, nomor telefon darurat yang bisa dihubungi, sekaligus peraturan yang harus dipatuhi. Contohnya, tidak boleh membawa siapapun bermalam di rumah.

4. Titipkan pada agensi

Ini bisa jadi pilihan untuk ART yang masih baru, dan sebagai atasan Anda belum terlalu yakin dan nyaman untuk meninggalkannya sendiri di rumah. Untuk jasa ini, biasanya kebanyakan agensi penyalur akan mengenakan biaya per harinya.

ART

Namun, perlu diperhatikan juga cara satu ini kemungkinan bisa membuat ART bosan dan frustasi. Sebab biasanya ketika berada di agensi para ART tidak diperbolehkan untuk meninggalkan tempat, namun di sisi lain mereka juga tidak memiliki aktivitas apapun. Jadi coba pertimbangkan lagi masak-masak ya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini