nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penanganan Medis Patah Tulang seperti yang Dialami Wendy Red Velvet

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 26 481 2146241 penanganan-medis-patah-tulang-seperti-yang-dialami-wendy-red-velvet-gpmFVGQ1VZ.jpg Wendy Red Velvet. (Foto: Instagram)

SALAH seorang member Red Velvet, Wendy, mengalami kecelakaan. Saat gladi resik konser SBS Gayo Daejeon 2019, Wendy terjatuh dari panggung saat latihan di ketinggian dua meter.

Kondisi ini membuat tulang panggul dan pergelangan tangan sebelah kanannya dikabarkan cedera parah. Tidak hanya itu, wajah Wendy "Red Velvet" pun diketahui mengalami luka-luka. Saat ini, Wendy masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Jika membaca fakta di atas, bisa dikatakan bahwa Wendy jatuh dalam kondisi duduk dan tangannya coba menahan beban tubuhnya. Tidak diketahui pasti bagaimana kondisi kakinya, namun yang jelas sampai sekarang Wendy masih di rumah sakit dan karena itu, konser Red Velvet pun dibatalkan.

wendy

Terlepas dari kabar ini, insiden yang dialami Wendy "Red Velvet" bisa dijadikan pembelajaran untuk semua orang. Khususnya bila Anda mengalami kecelakaan jatuh dari ketinggian 2 meter atau lebih.

Jika kecelakaan itu terjadi, Dokter Spesialis Ortopedi RS Awal Bros Tangerang dr Hafiz Nafi'uddin, SpOT menjelaskan, setelah orang terjatuh, beri perhatian penuh pada rasa sakit yang dialami.

"Setelah jatuh, asumsikan Anda mengalami kondisi paling parah. Kalau begini, Anda juga tidak akan sembarangan dalam menilai bagian tubuh yang merasa sakit. Kalau memang dekat dari rumah sakit, segera mendapat penanganan dokter," paparnya saat diwawancarai Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (26/12/2019).

Penanganan medis ini penting, khususnya melakukan rontgen agar dapat dipastikan bagaimana kondisi kaki yang sebenarnya. Kalau memang hasil rontgen menunjukan kondisi yang tidak begitu bermasalah, ini akan melegakan perasaan korban.

"Nah, bahaya sekali jika Anda menganggap kecelakaan yang terjadi itu tidak begitu bermasalah dan Anda membiarkannya. Sebab, kalau hasil rontgen malah mengatakan sebaliknya, yang ada hanya penyesalan dan bisa saja kondisi kaki sudah semakin parah," tegas Dokter Hafiz.

Tapi, jika kondisinya Anda jauh dari rumah sakit, maka ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Tindakan pertama adalah mengompres area yang dirasa terkena dampak dari kecelakaan itu dengan es. Kompres dengan es diharapkan mampu menekan risiko masalah yang lebih serius.

Kemudian, cara lain kalau memang tidak ada es adalah dengan membuat gips darurat. Adalah dengan mencari kardus yang difungsikan layaknya gips.

Jadi, Anda potong kardus tersebut jadi dua bagian lalu letakkan di area kaki yang dirasa bermasalah. Setelah itu, ikat kardus yang dipakaikan di kanan kiri kaki yang bermasalah dengan ikat pinggang.

"Ini dimaksudkan agar kondisi kaki tidak bergerak yang mana kalau bergerak dikhawatirkan akan menyebabkan masalah baru dan bisa memperburuk kondisi kaki," ungkap Dokter Hafiz.

Bolehkah kondisi seperti itu diurut?

Pertanyaan ini akan banyak keluar ketika Anda atau kerabat Anda mengalami kecelakaan jatuh dan sebabkan tulang bermasalah. Menurut Dokter Hafiz, kalau memang Anda mau urut, ya, tidak masalah.

"Tapi, catatan satu tegas, pastikan dulu bahwa tulangnya utuh. Sebab, jika Anda datang ke tukang urut dengan kondisi tulang masih bermasalah, saya bisa katakan, tulang urutnya pun tidak akan berani ambil risiko," paparnya.

Untuk penanganan medis sendiri, Dokter Hafiz menjelaskan bahwa obat yang akan digunakan hanya obat pereda nyeri. Kalau masalah tulang, sambung Dokter Hafiz, tulang manusia itu bisa tumbuh dengan sendirinya.

Nah, menjadi penting di sini peran dokter adalah memastikan tulang yang tumbuh dengan sendirinya itu tumbuh di lokasi yang tepat, bukan di bagian lain yang tidak jelas.

"Jadi, bisa dibilang, peran dokter tulang itu memastikan tulang tumbuh di 'rel' yang tepat," katanya.

Menjadi masalah adalah ketika ke tukang urut, Anda tidak dapat memastikan apakah tulang yang coba diperbaiki si tukang benar 'rel'-nya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini