Jelang Tahun Baru, Menkes Terawan Siapkan Ribuan Tenaga Medis di Jalur Mudik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 481 2146364 jelang-tahun-baru-menkes-terawan-siapkan-ribuan-tenaga-medis-di-jalur-mudik-W1F0JNniBC.jpg Menkes Terawan (Foto : Dimas/Okezone)

Tahun Baru sudah di depan mata. Momen ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Mereka biasanya akan merayakan Tahun Baru dengan menggelar beragam acara menarik, dari sekadar berkumpul bersama keluarga, menyantap berbagai hidangan lezat, hingga berwisata ke suatu daerah.

Melihat tingginya animo masyarakat dalam merayakan Tahun Baru, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun menyampaikan beberapa himbauannya kepada masyarakat Indonesia. Hal tersebut ia ungkapkan saat menghadiri HUT ke-44 tahun Balitbangkes di Salemba, Jakarta Pusat.

Pria berusia 55 tahun itu menyarankan agar masyarakat Indonesia merayakan momen spesial ini dengan sanak saudara dan keluarga terdekat.

Menkes Terawan

"Tahun Baru nikmatilah bersama keluarga, merenungi apa yang sudah berlalu, dan menatap masa depan apa yang akan ditempuh. Kalau bisa lewati Tahun Baru dengan berdoa. Supaya betul-betul bisa menuju tahun baru yang indah," terang Menkes Terawan.

Sama seperti perayaan Tahun Baru sebelumnya, Menkes Terawan mengatakan bahwa tahun ini Kementerian Kesehatan telah menyediakan pos-pos pelayanan kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan seiring meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke beberapa daerah di Tanah Air. Jumlah personil yang disiapkan digadang-gadang mencapai ribuan personil, mereka akan siap berjaga hingga tanggal 1 Januari 2020.

Menkes Terawan

"Ada pos-pos pelayanan yang tersebut di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah yang dilalui jalur mudik. Misalnya jalur Pantura sampai ke Sumatra. Selain itu, di momen ini saya juga meminta agar setiap rumah sakit dan puskesmas lebih aktif, dan selalu siap sedia," ungkap Terawan.

Saat ditanya terkait resolusi 2020 mendatang, Terawan menegaskan bahwa dirinya masih akan mengikuti visi dan misi yang telah dititahkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Mau 2020, 2021, sampai 2024 tetap sama. Fokusnya tetap BPJS, stunting, angka kematian ibu, angka kematian bayi, tetap itu saja tidak berubah. Visi dan misi ini harus tetap dijalankan," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini