Makanan Sehat untuk Bangkitkan Mood Baik di Pagi Hari, Apa Saja Ya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 481 2146377 makanan-sehat-untuk-bangkitkan-mood-baik-di-pagi-hari-apa-saja-ya-fsqzc7hM4Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT sedang mengalami bad day atau hari yang buruk, sebagian orang tergoda ingin menyantap makanan junk food yang cepat, mudah dan mengenyangkan. Padahal ada makanan yang lebih baik untuk membangkitkan mood Anda seharian.

Sebaiknya Anda mulai memikirkan pilihan menu apa yang dimakan. Terutama saat emosi sedang tinggi, sehingga membuat mood atau perasaan hati jadi buruk.

Ketahuilah, ketimbang Anda makan junk food, masih banyak pilihan makanan lainnya yang bisa dikonsumsi. Disebut-sebut makanan sangat mampu membuat mood jadi baik lagi dan menimbulkan kebahagiaa..

Disitat Okezone dari Southchinamorningpost, Kamis (26/12/2019), baca dulu yuk ulasan singkatnya lima jenis makanan yang bisa bikin bahagia di bawah ini.

1. Cokelat

cokelat

Cokelat yang cocok dikonsumsi untuk membangkitkan mood adalah yang tipe dark chocolate. Makan dark chocolate disebutkan dapat membuat otak melepaskan endorfin yakni hormon yang juga dikenal sebagai "zat kimia", yang mengurangi perasaan sakit atau stres. Sekaligus dapat membantu diri untuk bersantai.

Dalam memilih dark chocolate, pilihlah jenis yang mengandung setidaknya 70 persen kakao. Cara menarik untuk memakan dark chocolate, bisa dimakan sebagai tambahan bahan smoothies, milkshake, topping sereal, atau cocolan saat makan buah stroberi.

2. Telur

telur

Telur dipenuhi dengan asam amino, vitamin D, B12, dan mineral seperti seng dan magnesium yang membantu mengurangi stres. Selain itu telur juga tinggi protein, yang dilepaskan perlahan, sehingga membuat perut bisa kenyang lebih lama.

Dengan rasa kenyang yang lebih lama, Anda bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sehingga tidak terjadi lonjakan atau penurunan energi.

Belum lagi adanya kolin, nutrisi yang mendukung sistem saraf dan meningkatkan suasana hati. Agar tak monoton, konsumsi telur dengan cara diolah menjadi burrito telur, quiche, digoreng dengan bayam dan tomat, atau dimakan sebagai omelet.

3. Oat

Oat mengandung magnesium yang membantu melawan kelelahan dan stres. Saat kekurangan asupan magnesium, Anda jadi mudah merasa marah hingga sulit tidur lho!

Dengan mengonsumsi oat, Anda dapat lebih banyak sumber karbohidrat kompleks. Makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah. Juga membantu menjaga produksi serotonin yang sehat. Coba konsumsi oat yang diolah dengan cara dipanggang, smoothies, hingga granola.

4. Kacang Brazil

kacang

Salah satu sumber selenium paling baik, yakni zat mineral yang dapat membantu memperbaiki mood. Tahukah Anda, penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan selenium cenderung lebih mudah marah dan lebih cenderung merasa gelisah lho!

Jadi, ketimbang marah-marah terus, lebih baik untuk makan kacang Brazil ini sebagai kudapan ringan. Cara memakannya mudah saja, bisa dijadikan topping salad atau tambahan di tumisan sayuran.

5. Buah beri

Di dalam buah-buahan beri, terdapat anti-oksidan yang berfungsi sebagai zat yang melindungi sel-sel sehat dan dikenal untuk meningkatkan fungsi otak dan mendukung sistem saraf. Paling penting buah beri mengandung rendah gula. Jadi tak perlu khawatir saat makan buah-buahan beri sebagai camilan, campuran smoothies, atau dimakan bersama madu atau yoghurt.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini