nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pipis Terasa Sakit Usai Bercinta, Kenapa Ya?

Adityo Bagas, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 26 485 2146235 pipis-terasa-sakit-usai-bercinta-kenapa-ya-lmzXyPFlhy.jpg Ilustrasi (Foto : Yourtango)

Ladies, pernahkah Anda merasakan sakit saat pipis setelah bercinta? Hal tersebut biasanya disebabkan karena peradangan akibat berhubungan seks.

Tentu rasa sakit akan menimbulkan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Karena itu, dianjurkan bagi perempuan untuk buang air kecil setelah bercinta.

Namun, selain peradangan ada beberapa faktor penyebab perempuan merasakan sakit setelah bercinta, terutama saat buang air kecil. Dilansir dari Yourtango, Kamis (26/12/2019), berikut faktor penyebab perempuan merasakan sakit saat pipis setelah bercinta :

1. Urethritis

Uretritis adalah peradangan pada uretra yang disebabkan karena ada bakteri yang masuk. Terkadang terkait dengan bakteri infeksi menular seksual, tetapi tak jarang juga infeksi saluran kemih non-bakteri. Jika diabaikan, masalah ini akan berlanjut yang membuat Anda selalu merasakan sakit ketika pipis setelah berhubungan seks.

Pipis

Masalah ini terjadi beberapa hari setelah bercinta, karena cukup waktu untuk bakteri menumpuk di dalamnya. Kondisi tersebut biasa ditangani dengan antibiotik, dan tidak akan membaik dengan sendirinya tanpa adanya penanganan dari dokter.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ketika mengalami ISK, mungkin Anda merasakan ketidaknyamanan di area ginjal, dan saat pipis terasa sakit. Ada antibiotik adalah obat untuk mengatasi permasalahan ISK. Tapi, Anda perlu ke dokter juga untuk konsultasi lebih lanjut.

ISK

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Terkadang rasa sakit saat pipis setelah berhubugan seksual terjadi karena infeksi menular seksual. Beberapa IMS yang menyebabkan Anda sakit saat pipis setelah berhubungan intim itu meliputi:

· Herpes

· Kutil Kelamin

· Sipilis

· Gonorea

· Chlamydia

Jika Anda tidak merasakan sakit saat pipis, tetapi mengalaminya sekarang dan terdapat cairan atau aroma yang biasa, segera ke dokter dan berkonsultasi.

4. Hormon yang tidak seimbang

Terkadang hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan Miss V kering. Selain itu, baru saja memiliki anak juga dapat menyebabkan perubahan hormon yang tidak seimbang.

5. Tidak cukup pelumas saat berhubungan seksual

Saat bercinta, pelumasan mungkin tidak cukup untuk membasahi area intim. Hal ini disebabkan pada kondisi perempuan yang lelah, stres, atau kurang gairah.

Kurang Gairah

Hasilnya adalah sakit ketika buang air kecil dan akan terjadi selama beberapa hari ke depan. Jika Anda perempuan yang memasuki perimenopause atau pascamenopause dan sering terjadi, pastikan untuk konsultasi ke dokter kandungan.

Hal terpenting, ketika berhubungan intim merasakan sakit, maka berhentilah dan minta waktu ke pasangan sampai rasa sakit itu hilang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini