4 Cara Berbicara dengan Teman yang Depresi

Nada Husna, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 612 2146407 4-cara-berbicara-dengan-teman-yang-depresi-weXSJbDcqF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Jika Anda memiliki teman yang sedang mengalami depresi, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu depresi. Depresi adalah salah satu penyakit mental yang paling umum terjadi di masyarakat.

Seseorang yang depresi biasanya ditandai dengan suasana hati yang berubah secara drastis. Kemudian, bagaimana cara Anda berbicara dengan teman yang depresi? Ketika Anda melihat orang yang depresi maka berbicaralah dengannya atau bukannya malah mengabaikan mereka.

Berbicara dengan orang yang depresi memang tidaklah mudah. Anda tidak harus terlalu puitis untuk berkomunikasi dengan seseorang yang menderita depresi klinis. Namun, gaya bicara Anda harus memiliki getaran dan kehangatan sehingga orang yang bersangkutan dapat dengan mudah membuka diri untuk Anda.

 Dua perempuan duduk

Percakapan yang baik memiliki penerimaan dan kasih sayang tanpa ada kekhawatiran dan tekanan dari teman Anda. Saat berbincang-bincang, jangan mengatakan apapun yang membuat mereka cemas dan panik atau mengancam orang itu dengan menyalahkan atau menuduh.

Seringkali percakapan normal dan langsung berfungsi dengan baik dalam kasus ini, meskipun Anda hanya bertanya kepada orang itu bagaimana perasaannya. Jangan menerima perkataan mereka dengan santai karena di sinilah Anda perlu mendapatkan kepercayaan, buat mereka sadar bahwa Anda ada untuknya.

Studi mengatakan, ketika orang mengalami depresi mereka berhenti bersosialisasi dan mengekspresikan diri kepada teman-teman mereka. Di sinilah mereka membutuhkan Anda untuk mendukung mereka.

Jika awalnya orang tersebut tidak mau berbicara, teruslah berusaha menghubungi mereka lewat panggilan telefon dan SMS. Dilansir dari Pinkvilla, Jumat (27/12/2019), berikut 4 cara bagaimana Anda berkomunikasi dengan orang yang depresi.

1. Apakah kamu perlu bicara?

Hanya bertanya 'Apakah Anda baik-baik saja?' tidak selalu berhasil. Orang yang depresi mungkin tidak mau membagikan perasaannya kepada Anda. Pertama, buat mereka sadar bahwa Anda ada di sana jika mereka membutuhkan. Biarkan mereka tahu bahwa jika mereka ingin berbicara, Anda siap mendengarkan kapan saja. Nanti, jika mereka perlu bicara maka mereka akan mendatangi Anda.

 Laki-laki menangis

2. Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?

Terkadang menanyakan satu kalimat ini sangat berarti bagi mereka. Ini bisa berupa hal kecil, seperti membuatkan sarapan untuk mereka, mengingatkan mereka tentang pekerjaan penting yang harus dilakukan, atau membantu mereka dalam melakukan suatu proyek.

3. Bagaimana perasaanmu sekarang?

Mengajukan pertanyaan ini, Anda mungkin juga mengetahui tentang bagaimana perawatan mereka berlangsung. Ini juga akan mudah dipahami apabila ia membutuhkan lebih banyak bantuan profesional. Jika orang tersebut tidak mau melanjutkan konseling maka tugas Anda memotivasi mereka untuk melakukannya lagi.

4. Anda penting bagi saya

Orang yang depresi cenderung tinggal sendirian dan mereka hampir tidak mendapatkan perhatian siapa pun. Jadi, dalam fase sulit kehidupan mereka ini, Anda harus memberi tahu mereka bahwa mereka yang paling berarti bagi Anda. Memberi tahu ini akan membantu orang itu menyadari nilai mereka di mata orang lain yang pada akhirnya akan membantu mereka untuk mencintai diri mereka sendiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini