nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rambut Keriting dan Susah Diatur? Simak 9 Cara Merawatnya

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 10:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 27 611 2146514 rambut-keriting-dan-susah-diatur-simak-9-cara-merawatnya-xy0WG1DrYD.jpg Perawatan rambut keriting (Foto: Hairmaker)

MEMILIKI rambut keriting merupakan hal yang unik, bahkan banyak orang yang tidak memiliki rambut keriting rela mengubah rambut lurusnya menjadi keriting di salon.

Namun masalahnya, merawat rambut keriting itu tidak semudah yang dibayangkan. Susunan tidak beraturan sehingga butuh perawatan khusus agar rambut tetap sehat. Dilansir Matrix, Jumat (25/12/2019) berikut tips perawatan rambut keriting dari para profesional.

1. Hindari keramas setiap hari

Bagi yang memiliki rambut keriting tidak perlu keramas sesering rambut lurus. Jika kamu melakukan keramas setiap hari dapat meregangkan dan menekan rambut. Namun, kondisioner adalah produk yang tepat. Gunakan kondisioner saat kamu sedang mandi, kamu bisa menggunakan kondisioner meski kamu tidak sedang keramas.

2. Pilih sampo yang tepat untuk rambut keriting

Rambut keriting tidak seharusnya dibersihkan dengan sampo yang keras. Gunakan sampo ringan atau kondisioner pembersih busa rendah yang akan menyegarkan rambut dan kulit kepala tanpa menghilangkan terlalu banyak kelembapan dan minyak alami. Jadi kamu harus memilih sampo yang tepat untuk rambut keriting mu.

 Rambut keriting

3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian saat keramas

Menggosok, mengaduk, atau menumpuk rambut saat keramas dapat membuat rambut keriting rusak yang mengakibatkan rambut menjadi kusut. Sebaiknya, bagilah rambut menjadi 4 bagian atau lebih banyak jika rambut sangat tebal. Putar atau jepit semua rambut kecuali rambut bagian pertama. Oleskan sedikit sampo atau kondisioner pembersih ke kulit kepala dan kerjakan secara menyeluruh. Kemudian dengan lembut tekan ke bawah sepanjang rambut. Ulangi setiap bagian, kemudian bilas dalam urutan yang sama bagian demi bagian, mulai dari kulit kepala dan peras busa dari atas ke bawah rambut.

4. Bilas dengan air dingin


Bilas dengan air dingin atau membilas dengan air dingin akan menutup kutikula itu, yang pada gilirannya akan mengunci kelembapan, membuat rambut lebih bersinar dan mengurangi keriting. Klik halaman selanjutnya untuk informasi perawatan rambut keriting lebih lengkap.

Keramas

5. Gunakan kondisioner rambut

Setelah keramas, oleskan kondisioner. Pilih formula yang menjawab kebutuhan rambut. Pilih formula yang mengandung humektan seperti glikol, gliserin atau minyak berkualitas baik. Kamu akan membutuhkan rekonstruksi protein dengan asam amino sutra atau keratin untuk mengembalikan kekuatan rambut.

6. Pilih handuk yang lembut

Untuk menjaga ikal tetap utuh dan menghindari rambut kusut, pilihlah handuk lembut mikro-serat atau kaus katun untuk setelah keramas.

7. Gunakan sarung bantal satin

Berbicara tempat tidur, itu adalah tempat yang akan membuat rambut ikal rusak. Sarung bantal katun yang kasar dapat menyebabkan gulungan rambut kusut. Gunakan sarung bantal berbahan satin halus atau bungkus rambut dengan selendang atau topi satin agar rambut ikal tetap halus dan utuh.

 Sisir besar

8. Sisir lebar

Gunakan sisir dengan kualitas terbaik, jangan menarik atau menyapu rambut. Setelah keramas, gunakan sisir yang sangat lebar dan lepaskan rambut secara perlahan, bagian demi bagian. Selalu pisahkan rambut saat basah, lebih baik jika dilindungi dengan lapisan kondisioner.

9. Hindari panas

Pengering rambut, catokan, pengeriting rambut semua alat ini menyebabkan kerusakan pada rambut. Jika kamu pecandu catokan, cobalah untuk menyapih diri dari panas. Pilih pengering rambut di akhir pekan atau di malam hari. Atur rambut mu menjadi bengkok atau rol busa dan biarkan mengering secara alami. Jika kamu ingin menggunakan alat tersebut, cari alat yang mengandung sifat ionik, dibuat dengan turmalin atau keramik. Selalu oleskan produk perlindungan panas sebelum penataan rambut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini