nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemampuan Dasar Memasak Finalis MasterChef Indonesia Diuji, Begini Reaksi Chef Juna dan Arnold

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 20:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 28 298 2147004 kemampuan-dasar-memasak-finalis-masterchef-indonesia-diuji-begini-reaksi-chef-juna-dan-arnold-zEBvJKdEaM.jpg Reaksi Chef Arnold dan Juna (Foto: Instagram)

KOMPETISI memasak MasterChef Indonesia Season 6, hari ini memasuki episode ke-3. Sejumlah tantangan pun telah diberikan oleh ketiga juri bagi 34 kontestan terpilih.

Pada episode Masterchef Indonesia kali ini, tantangan pertama yang harus dijajal oleh para kontestan adalah mempelajari teknik dasar menggunakan pisau dapur. Chef Arnold Poernomo menjadi salah satu juri yang dipercaya untuk memperagakan teknik memotong wortel kepada para kontestan.

Mengutip cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @masterchefina, Arnold mengatakan bahwa untuk menjadi chef profesional, seseorang harus memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan peralatan dapur, terutama pisau.

"Kalian harus memiliki kemampuan memotong yang baik. Karena knife skill itu sangat penting," kata Arnold.

Arnold pun kemudian mencotohkan cara yang tepat untuk memotong wortel, sebelum akhirnya memberikan tantangan tersebut kepada para kontestan.

"Setiap pisau memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk wortel, bagian atasnya harus dibuang, bagian depan disimpan. Lalu dislice," jelas Arnold.

"Di sini kalian harus bikin 3 tipe dice (jenis potongannya)," timpalnya.

Meski sekilas terlihat mudah, tantangan MasterChef Indonesia ternyata menghadirkan kesulitan tersendiri bagi kontestan. Terbukti hanya beberapa kontestan yang berhasil lolos dari tantangan tersebut.

Tak sampai di situ saja. Bagi kontestan yang tidak lolos pada tantangan wortel ini, mereka bisa mendapat kesempatan melaju ke babak selanjutnya bila berhasil lolos pada tantangan yang diberikan oleh Chef Juna Rorimpandey.

Selidik punya selidik, tantangan yang harus dihadapi para kontestan ternyata masih seputar teknik dasar memotong menggunakan pisau. Hanya saja, bahan makanan yang harus mereka potong kali ini adalah buah jeruk.

Juna mengatakan, dalam dunia memasak, teknik memotong buah juga tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, dari proses inilah setiap chef akan mempelajari soal presisi makanan.

"Dalam profesional kitchen banyak yang menganggap remeh cold station, karena biasanya membuat cold appetizer atau salad itu dianggap tidak bergengsi. Tapi jangan salah, presisi itu sangat penting dan tantangan ini salah satu contohnya," ujar Chef Juna.

Juna lalu menjelaskan bahwa teknik yang tepat untuk memotong jeruk adalah menggunakan ujung pisau yang tajam. Tujuannya agar daging jeruk tidak banyak terbuang saat proses pemotongan berlangsung.

"Harus kira-kira, usahakan jangan terlalu banyak buang dagingnya, jadi bisa pakai ujung pisau. Posisi jari juga harus diperhatikan. Kalau punya stand atau posisi yang benar, maka jari tidak akan ikut terpotong," tegas Juna.

Sama seperti tantangan sebelumnya, pada tantangan ini hanya ada 8 kontestan yang berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran melihat keseruan para kontestan MasterChef Indonesia season 6 dalam menghadapi tantangan yang diberikan oleh Chef Juna, Arnold, dan Renatta Moeloek, saksikan terus MasterChef Indonesia Season 6 di RCTI, setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.30 WIB.



1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini