5 Tips Hindari Stres dan Perbanyak Quality Time Bareng Keluarga

Nada Husna, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 196 2147561 5-tips-hindari-stres-dan-perbanyak-quality-time-bareng-keluarga-ljo7F7eBmj.jpg Kumpul keluarga (Foto: Organized Homeschool)

MOMEN liburan yang menyenangkan bisa tiba-tiba berubah karena suatu hal dan bisa membuatmu stres. Kondisi ini memang sangat tidak mengenakan. Apalagi jika sudah berkeluarga, quality time bareng mereka bisa terganggu.

Dilansir dari Yourtango, Senin (30/12/2019), Berikut adalah lima tips untuk mengatasi stres dan membawa keharmonisan dalam keluarga.

 Ilustrasi makan bersama

1. Membagi Waktu

Kondisi lalu lintas yang macet dan cuaca yang tidak bersahabat membuat kamu menghabiskan lebih banyak waktu di mobil daripada bersama orang yang disayangi. Untuk menghindari stres sebenarnya mudah. Bagilah waktumu antara pekerjaan dan keluarga. Apalagi di momen liburan, kamu cukup menetapkan tanggal untuk liburan bersama keluarga. Bisa tamasya ke rumah nenek atau ke destinasi liburan yang tidak terlalu jauh.

2. Lepaskan harapan setiap orang akan berada dalam suasana hati yang baik

Idealnya, ketika kamu bertemu dengan orang yang dicintai, semua orang akan memiliki alasan yang sama untuk menjadikannya waktu yang menyenangkan dan damai. Sayangnya, beberapa anggota keluarga kamu mungkin mengalami masalah lain yang akan menghalangi pertemuan keluarga. Jadi, berpartisipasilah dengan semangat ingin membuat suasana yang menyenangkan saat acara keluarga itu. Jika kamu memiliki hubungan yang kurang baik dengan seseorang di keluargamu, cobalah untuk menjaga jarak dengan sopan.

 Me time

3. Me time

Pastikan melakukan sesuatu yang kamu nikmati setidaknya sepuluh menit dalam sehari. Tidak perlu mahal atau rumit kamu bisa menyelinap ke tempat yang tenang, seperti membaca majalah, bermeditasi, tidur siang. Jika memiliki sedikit waktu lagi, kamu bisa ke salon.

4. Belajarlah untuk mengatakan tidak

Kamu tidak harus menghadiri setiap pesta dan pertemuan yang diundang oleh teman, memberikan hadiah, atau memasak sesuatu untuk semua orang yang memintanya. Lakukan apa yang kamu bisa dan terima fakta bahwa kamu tidak akan bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Adakalanya kamu mengatakan tidak demi berkumpul bersama keluarga di hari libur.

 Hindari stres

5. Tetap terorganisir

Tidak ada salahnya kamu sudah menyiapkan terlebih dahulu pakaian anak-anak dan pakaian kamu sendiri untuk pertemuan keluarga atau liburan nanti. Jadi kamu hanya tinggal memakainya di hari-H tanpa perlu repot packing dadakan..

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini