Serunya Ganjar Pranowo Kulineran Makan Mendoan hingga Sate Kolang-Kaling

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 298 2147365 serunya-ganjar-pranowo-kulineran-makan-mendoan-hingga-sate-kolang-kaling-YweuURKFNz.jpg Kulineran Ganjar Pranowo (Foto : @ganjar_pranowo/Instagram)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo baru-baru ini mengunggah video singkat dengan mengunjungi bekas rumah peninggalan sastrawan dan wartawan Jawa asal Solo, almarhum Ki Padmosusatro. Tak lupa Ganjar juga mencicipi aneka hidangan khas Solo yang tersaji di dalamnya.

Rumah sarat sejarah yang dikunjungi Ganjar Pranowo ini sebelumnya mangkrak dan kini disulap menjadi tongkrongan yang diberi nama Rumah Budaya Ki Padmosusatro. Tak hanya itu terdapat pula Warung Ndesa dan Wedangan Ndesa di bagian plataran yang menjual aneka kuliner khas Solo.

Sebagaimana diketahui Ki Padmosusatro adalah murid dari Ronggowarsito. Menurut ceritanya beliau adalah sastrawan yang terakhir di Kraton Solo. Tak aneh jika rumah peninggalan Ki Padmosusatro memiliki arsitektur kuno dengan banyak ornamen kayu tua di dalamnya.

Ganjar Pranowo

(Video lengkapnya ada di halaman berikutnya/@ganjar_pranowo/Instagram)

Pada video singkat yang diunggah akun Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, ia mulai bergurau tentang nama mendoan kepada para penjual makanan. “Ini harusnya mendoan kan? Nah, salah. Jadi nama mendo itu setengah matang,” ucap Ganjar.

Namun ketika sang pedagang menimpali pernyataan Ganjar, ia pun akhirnya bingung dan tidak bisa menjawabnya. Selain mencicipi mendoan gubenur berusia 51 tahun ini turut mencoba kikil sapi. Ganjar Pranowo menyebut bahwa makanan Solo tidak pernah mahal dan terkenal dengan wedangan.

Yang menarik adalah momen kala Ganjar menikmati sate kolang-kaling. Ia mengaku kerap menemukan menu sate kolang-kaling apabila berkunjung menuju ke rumah bude-nya saat lebaran.

Ganjar Pranowo

(Video lengkapnya ada di halaman berikutnya/@ganjar_pranowo/Instagram)

Alhasil beberapa netizen pun turut memberikan komentarnya usai melihat unggahan video yang dimuat Ganjar. Beberapa dari mereka bahkan mengomentari gurauan Ganjar perihal tempe dan mendoan.

“Wah jadi keinget film Angling Dara pak, pas jamannya pakai damar minyak tanah belum banyak pakai listrik dan tv pun masih hitam putih,” tulis akun @sofy481452.

“Bener banget pak, kebanyakan di Solo bilangnya mendoan. Abis dibeli eh ternyata dapetnya tempe goreng. Gak mendo,” terang akun @akuarifin.

Sementara akun @janoko73 menulis: “Bocah mendo dadi bocah setengah mateng.”

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini