nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Kulit Tidak Mudah Kendur, Ikuti 8 Aturan Perawatan Kulit di Usia Menopause

Tiara Syifa, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 21:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 30 611 2147570 agar-kulit-tidak-mudah-kendur-ikuti-8-aturan-perawatan-kulit-di-usia-menopause-bQL7NpGk8z.jpg Perawatan kulit menopause (Foto: Professional Beauty)

MEMASUKI masa menopause, produksi estrogen dalam tubuh akan menurun. Estrogen yang rendah dapat membahayakan kulit Anda. Selain itu, dapat membuat kulit Anda menjadi kendur dan keriput. Kulit Anda juga mungkin akan kehilangan kelembapan.

Itu bisa saja menjadi hal yang menakutkan bagi Anda karena akan terlihat tua dan tidak cantik lagi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perawatan agar keriput tidak mudah datang dan kulit tidak kendur. Melansir The Health Site, Senin (30/12/2019), berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit di usia menopause.

Bersihkan dan lembapkan kulit Anda

Membersihkan kulit secara teratur adalah cara terbaik agar kulit tetap sehat dan bercahaya. Seiring bertambahnya usia, kulitmu akan menjadi kering karena kelenjar minyak tidak seaktif sebelumnya. Pilihlah pembersih yang tidak mengurangi kelembapan. Selalu pakai pelembap agar kulitmu tidak kering serta jangan lupa untuk mengoleskannya di tangan.

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda juga akan kehilangan kemampuan alami untuk melindungi diri dari matahari. Maka dari itu, gunakanlah lotion tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari.

 Perawatan kulit menopaus

Gunakan produk perawatan kulit khusus

Perubahan hormon akibat menopause dapat mengakibatkan kerusakan terhadap kulit Anda. Kerutan akan semakin terlihat jika kulit Anda kering. Selain memakai pelembap setiap hari, gunakanlah produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk membantu mencegah kerusakan.

Hilangkan kulit mati

Menggunakan tabir surya setiap hari dapat membantu Anda terhindar dari bintik-bintik hitam. Namun, jika memiliki bintik hitam saat masa menopause, Anda bisa menggunakan produk yang membantu mengelupaskannya. Gunakan produk yang dapat melepaskan sel kulit mati yang membuat wajah Anda kusam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan yang memiliki ekstra whitening untuk membantu menghilangkannya.

 Perbanyak suplemen

Konsumsi makanan kaya antioksidan

Kolagen dapat membuat kulit Anda tetap muda dan kencang. Kadar estrogen dapat menurun seiring bertambahnya usia dan menyebabkan Anda kehilangan kolagen. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Jangan terlalu stres

Stres dapat berbahaya untuk diri dan kulit Anda. Jika Anda stres, kulit akan menjadi lebih kering dan sensitif. Stres juga bisa membuat kulit Anda seperti psoriasis (peradangan kulit dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering).

Olahraga secara tertatur

Saat usia bertambah, olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda. Jika oksigen dan aliran darah Anda tercukupi, maka kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan sehat.

 Tidur yang cukup

Tidur yang cukup

Kekurangan tidur dapat memengaruhi kadar hormon dan metabolisme tubuh serta membahayakan kulit Anda. Tidur yang cukup selama 7-9 jam dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya. Selain itu, tidur yang cukup juga membantu mencegah lingkaran hitam di bawah mata Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini