nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Anak Hilang di Keramaian saat Pesta Tahun Baru, Ini Tips untuk Orangtua

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 31 196 2147834 cegah-anak-hilang-dari-keramaian-saat-pesta-tahun-baru-ini-tips-untuk-orangtua-KVGo3vH9y3.jpg Ajak anak ikut pesta malam tahun baru (Foto: Heraldsun)

Menyambut tahun baru, biasanya banyak titik-titik lokasi untuk pesta rakyat yang bisa didatangi secara bebas oleh siapa saja. Termasuk para orangtua yang datang sambil membawa anak-anak yang masih kecil.

Nah, jika Anda termasuk orangtua yang tetap ingin berpesta di keramaian pesta tahun baru sembari membawa anak yang masih kecil. Ada baiknya, memperhatikan beberapa hal agar nak tetap nyama dan aman saat berada di keramaian pesta Tahun Baru.

Dikutip Lifecake, Selasa (31/12/2019) simak ulasan singkat tips agar anak tetap nyaman dan aman saat berada di keramaian pesta Tahun Baru.

Tahun baru

1. Ajak pengasuh 

Cara pertama yang paling mudah ialah dengan membawa serta pengasuh di rumah ke lokasi pesta. Selain agar Anda sebagai orangtua mendapat bala bantuan, anak juga selalu dijaga oleh orang yang Anda percaya.

2. Tiba lebih awal

Tahu dong prinsip makin telat makin ramai? Nah, mengingat Anda membawa anak-anak, sudah jelas Anda harus tiba di tempat pesta lebih awal daripada orang-orang kebanyakan. Dengan tiba lebih awal, spot yang bisa didapatkan juga lebih baik dan nyaman untuk ditempati dengan anak. Tidak mau kan anak-anak Anda harus menerobos kerumunan, berhimpitan dengan banyak orang lain hanya karena Anda terlambat sampai. Supaya bisa tiba lebih awal, mungkin bisa persiapan di satu hari sebelumnya. Contohnya, menginap di hotel dekat lokasi pesta sehingga perjalanan menuju titik lokasi pesta tidak memakan waktu.

 Ibu dan anak

3.Makan dulu

Sebelum berpesta, ada baiknya Anda dan anak-anak sudah mengisi perut di rumah atau di restoran sekitar lokasi pesta. Dengan kondisi kerumunan orang, sekedar jajan makanan ringan atau membeli makan malam untuk anak bisa jadi hal yang sangat sulit dilakukan. Setelah memastikan perut Anda dan anak sudah kenyang terisi, jangan lupa untuk juga mengemas camilan ringan makanan minuman di tas sebagai bekal. Sehingga bisa langsung disantap ketika anak merasa kembali lapar. Perut kenyang, kemungkinan anak rewel juga jadi lebih kecil.

4. Bawa baju hangat 

Penting untuk memakai atau membawa bekal baju hangat, mengingat pesta Tahun Baru digelar malam hingga dini hari saat suhu temperatur jadi lebih dingin. Meskipun Indonesia tidak ada musim dingin, namun tetap saja angin malam bisa membuat jatuh sakit. Jangan sampai anak menggigil kedinginan di jalanan hanya karena tidak mengenakan baju hangat.

 Ibu dan anak

5. Siapkan note

Note di sini maksudnya menyiapkan kertas berisi informasi lengkap seperti nama anak, usia, nama dan nomor telpon orangtua yang bisa dihubungi serta alamat rumah. Sisipkan di kantung celana atau baju anak, hal ini untuk berjaga-jaga jika anak terpisah dari orangtua dan hilang di tengah keramaian.

Orang –orang yang menemukan, bisa langsung menghubungi orangtua tanpa perlu membuang banyak waktu untuk mencari informasi seputar anak. Sebab, tidak semua anak bisa dan paham memberitahukan informasi lengkap diri dan orangtuanya kan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini