Resolusi Tahun Baru 2020 Menurunkan Berat Badan, Ikuti 10 Tips Ini

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 481 2147799 resolusi-tahun-baru-2020-menurunkan-berat-badan-ikuti-10-tips-ini-vwr9Th9Qdu.jpg Ilustrasi (Foto : Verywell)

Pada bulan Desember, Anda mungkin sudah merencanakan resolusi tahun baru dengan harapan Januari nanti akan lebih baik dalam berbagai hal. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Varo Money, Inc., sebuah perusahaan mobile banking, ada banyak resolusi untuk dipilih. Namun paling banyak orang yang disurvei menyatakan resolusi tahun baru mereka adalah menurunkan berat badan.

Bagaimana dengan Anda? Jika resolusi tahun baru Anda juga salah satunya menurunkan berat badan, maka perlu mengikuti 10 tips yang dilansir dari The List berikut ini : .

1. Berhenti "berdiet" bagaimapun bentuknya

Berhenti berdiet adalah langkah pertama jika ingin menurunkan berat badan dengan sehat. Sebuah studi komprehensif membuktikan orang yang diet cenderung mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak. Studi lain menemukan, orang yang melakukan diet teratur 12 kali lebih mungkin untuk makan 2 kali lebih banyak dibandingkan orang yang tidak melakukan diet. Jadi, jika Anda menyalahkan diri karena tidak bisa menurunkan berat badan saat diet, kini tahu di mana letak kesalahannya.

Timbang Berat Badan

2. Fokus pada kesehatan, tidak pada penurunan berat badannya

Kebanyakan orang ketika diet selalu terfokus kepada penurunan berat badannya, bahkan kerapkali menyepelekan kesehatan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Karena, untuk apa jikalau memang berat badan turun tetapi tidak sehat? Jadi, perbaiki resolusi tahun baru Anda jika ingin menurunkan berat badan.

3. Lebih banyak konsumsi makanan sehat

Beberapa orang saat ini mulai mengakui manfaat mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, beras merah, bahkan bahan baku lainnya yang tidak diproses. Namun, dengan catatan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini juga dapat membuat anda lebih rileks serta meningkatkan suasana hati.

4. Beri diri Anda izin untuk memakan kue

Evelyn Tribole, ahli diet menyarankan untuk membeli kue atau makanan yang dianggap terlarang saat menurunkan berat badan. Karena ketika Anda membatasi makanan, biasanya akan menginginkannya lebih banyak.

Makan Kue

5. Fokus pada makanan saat makan

Heidi Schauster, ahli gizi terdaftar, mengungkapkan di situsnya bahwa dia merekomendasikan untuk tidak menjadikan penurunan berat badan sebagai tujuan utama. Dia menyarankan untuk fokus lebih menikmati makanan di setiap gigitan, tidak sembari nonton televisi atau bermain game. Tujuannya adalah agar Anda menyadari sudah berapa banyak makanan yang masuk ke mulut.

6. Makan ketika lapar, berhentilah sebelum kenyang

Meskipun filosofi ini bukan sesuatu yang baru, namun hal itu memang baik untuk diterapkan. Ketika Anda sudah melakukan hal ini, Anda bisa menilai, apakah kamu memang lapar atau hanya menginginkannya saja karena ada di depan mata.

7. Masukan olahraga ke dalam rutinitas harian

Dokter dan ahli diet sama-sama setuju bahwa olahraga itu penting, tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi untuk kesehatan secara keseluruhan. Ahli gizi terdaftar Sarah Minkow berpendapat, "Salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan adalah melakukan beberapa aktivitas fisik setiap hari. Namun, tidak perlu 'bunuh diri' di gym atau dengan melakukan CrossFit." ujarnya.

Minkow mengatakan olahraga tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang Anda lakukan untuk "membakar" kelebihan kalori, tetapi harus menyenangkan dan menyeimbangkan kesehatan diri.

8. Mengendalikan Emosi

Satu penelitian terhadap lebih dari 1.500 orang mengungkapkan bahwa faktor emosional adalah penyebab kenaikan berat badan yang jauh lebih besar daripada perilaku gaya hidup. Ketika Anda tidak bisa mengendalikan emosi, Anda bisa saja memakan es krim tanpa henti karena menyukainya.

Meditasi

9. Banyak melakukan dan memikirkan aktivitas lain

Ketika kamu melakukan aktivitas lain, seperti hobi, akan membuat diri sibuk dan melupakan diri dari makanan ataupun mengemil. Dari sini, Anda juga bisa mendapatkan resolusi baru dalam mempelajari dan mendapatkan keterampilan ataupun hobi baru.

10. Merawat tubuh dengan hati-hati

Psikolog Renee Engeln, yang juga direktur Body and Media Lab di Northwestern University dan penulis Beauty Sick, mengatakan bahwa merawat tubuh Anda adalah bagian dari gerakan kepositifan tubuh. Tetapi pertama-tama, Anda harus mempertimbangkan mengapa Anda ingin mengubah bentuk tubuh Anda.

Memprioritaskan penurunan berat badan, tidak menghasilkan penurunan berat badan yang berkelanjutan. Maka dari itu lebih baik memfokuskan kembali perhatiannya untuk merawat tubuh. Pembicara dan pelatih kebugaran Kelly Coffey juga mengungkapkan, ketika dia mengalihkan fokusnya, secara alami dapat mencapai berat yang diinginkan dan dapat mempertahankan atau meningkatkannya selama lebih dari 10 tahun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini