nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Bir Sebelum Wine Cegah Mabuk? Begini Jawaban Peneliti

Nada Husna, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 31 481 2147874 minum-bir-sebelum-wine-cegah-mabuk-begini-jawaban-peneliti-jalrRXT3ID.jpg Ilustrasi. (Foto: SCMP)

PADA perayaan pesta Tahun Baru, buat sebagian orang tergiur konsumsi minuman beralkohol. Tapi sebelum dibuat mabuk oleh alkohol pada malam Tahun Baru, penting untuk mengetahui informasi ini.

Dilansir dari SCMP, Selasa (31/12/2019), urutan konsumsi berbagai minuman beralkohol tidak ada bedanya dengan kemungkinan Anda menderita mabuk di keesokan harinya.

Ungkapan tersebut berasal dari pepatah kuno di Inggris. Selain itu, papatah tersebut juga dipercaya orang di tempat lain di Eropa. Namun, para ilmuwan di Jerman dan Inggris sekarang telah menetapkan bahwa urutan konsumsi minuman beralkohol tidaklah penting.

minum bir

"Kami tidak menemukan kebenaran dalam gagasan itu. Minum alkohol terlalu banyak pun bisa mengakibatkan mabuk," kata penulis pertama studi tersebut Joeran Koechling.

Tim dari Universitas Witten/Herdecke di Witten, Jerman dan Universitas Cambridge di Inggris telah mempelajari 90 sukarelawan yang dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi sekira dua setengah liter bir, diikuti oleh empat gelas besar wine putih.

Lalu kelompok kedua minum dengan jumlah yang sama, tetapi dalam urutan yang terbalik. Kelompok ketiga, kelompok kontrol hanya minum bir atau wine saja.

Para peserta diminta untuk mencatat mabuk mereka pada skala 0 hingga 10 pada akhir setiap hari melakukan studi. Sebelum tidur, mereka diberi sejumlah air minum yang didinginkan.

Kemudian disesuaikan dengan berat tubuh mereka dan disimpan di bawah pengawasan medis dalam semalam. Keesokan harinya, para peserta diminta untuk mabuk dan diberi nilai dari 0 hingga 56 berdasarkan faktor-faktor, seperti rasa haus, kelelahan, sakit kepala, pusing, mual, sakit perut, meningkatnya detak jantun dan hilangnya selera makan.

Seminggu kemudian, kelompok studi pertama dan kedua beralih ke urutan minum yang berlawanan. Kelompok kontrol hanya minum bir pada putaran pertama dan hanya minum wine pada hari studi kedua dan sebaliknya.

bir

Jadi, kelompok-kelompok itu tidak hanya dibandingkan satu sama lain, tetapi masing-masing peserta juga dikontrol. Para peneliti menemukan, tidak ada satu pun dari ketiga kelompok memiliki skor mabuk yang berbeda secara signifikan.

Itu artinya mau Anda minum bir lebih dahulu sebelum wine atau sebaliknya, Anda tetap merasakan mabuk dan berlaku juga bagi semua minuman yang beralkohol.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini