Diet saat Pesta Tahun Baru Hati-Hati Bisa Kesepian!

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 481 2147905 diet-saat-pesta-tahun-baru-hati-hati-bisa-kesepian-X0aIL0FfJm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM perayaan pesta pergantian tahun, pasti banyak santapan lezat yang tersaji di meja. Namun, buat orang yang diet malah justru merasa tersiksa, karena tidak bisa makan sepuasnya.

Alih-alih, orang yang diet pun langsung merasa kesepian karena tidak bisa mengonsumsi makanan enak. Para ahli pun melakukan studi lanjut terkait hal ini.

Dalam tujuh studi dan eksperimen terkontrol yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, menemukan bahwa diet akan membuat anak-anak dan orang dewasa merasa kesepian. Asisten Profesor di Cornell University di Amerika Serikat Kaitlin Woolley, mengatakan, orang diet akan merasa tersisih, karena dia merasa tidak sama dengan orang lain di sekitarnya.

diet

"Orang yang dibatasi makannya bisa membuatnya merasa tersisih. Karena mereka tidak dapat mengambil bagian makanan yang disajikan untuk dimakan ramai-ramai," ucap Kaitlin, dilansir Businessinsider.

Misalnya, dalam satu percobaan, satu individu diberikan pembatasan untuk memilih makanan. Dilaporkan hasilnya, mereka merasa kesepian atau dikucilkan.

Begitu juga dengan survei orang yang diet saat liburan. Saat orang diet, tingkat kesepian mereka meningkat. Namun, saat dibatasi dalam kelompok mereka sendiri yang sama-sama dibatasi, mereka justru merasakan ikatan yang lebih kuat.

"Tetapi ketika dibatasi untuk tidak ikut makan di luar kelompok mereka, justru merasakan hal lain," kata peneliti.

Mereka khawatir tentang apa yang bisa mereka makan dan bagaimana orang lain menilai mereka karena tidak cocok. Kekhawatiran itu menghasilkan tingkat kesepian, yang sebanding dengan laporan para responden orang dewasa yang belum menikah atau berpenghasilan rendah.

diet

Sampai saat ini, kata Woolley, anak-anak telah menjadi fokus utama penelitian tentang efek diet. Sebuah survei yang representatif secara nasional yang dia analisis dari Centers for Disease Control tidak melacak masalah di antara orang dewasa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini