Tahun Baru, Pangeran William Bikin Perlombaan untuk Selamatkan Bumi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 196 2148303 tahun-baru-pangeran-william-bikin-perlombaan-untuk-selamatkan-bumi-6XokVUaQ3K.jpg Pangeran William bikin lomba selamatkan Bumi (Foto: Cheatsheet)

Momen pergantian tahun selalu dimanfaatkan banyak orang untuk mengubah segala sesuatunya menjadi lebih baik. Tak ketinggalan pasangan kerajaan Pangeran William dan Kate Middleton. Di tahun baru ini, keduanya mengusung gerakan untuk menyelamatkan bumi.

Melansir Express, Kamis (2/1/2020), Pangeran William meluncurkan perlombaan lingkungan dengan hadiah bernilai jutaan poundsterling. Perlombaan ini dimaksudkan untuk menginspirasi masyarakat dunia guna melakukan tindakan yang menyelamatkan bumi dari iklim ekstrem dan krisis ekologis selama satu dekade. Nantinya setiap tahun akan dipilih lima pemenang yang beruntung berdasarkan ide-ide yang diciptakan.

 Pangeran William

Perlombaan yang digelar selama 10 tahun ini memang dimaksudkan untuk menemukan 50 solusi nyata yang bisa menangani masalah terbesar dunia pada tahun 2030. Bergabung dengan Sir David Attenborough, Pangeran William berharap perlombaan Earthshot Prize akan menjadi hadiah lingkungan paling bergengsi dalam sejarah. Lewat akun Twitter resmi Kerajaan Kensington, perlombaan ini resmi diluncurkan.

Pada pengumuman perlombaan, terlihat foto Pangeran William yang tengah berada di Pakistan. Foto tersebut diambil oleh sang istri, Kate Middleton. Ada pesan yang coba disampaikan melalui peluncuran lomba ini.

“Bumi berada pada titik kritis dan kita menghadapi pilihan yang sangat jelas, apakah akan terus berlanjut seperti ini dan merusak planet hingga tidak dapat diperbaiki atau mencari kekuatan unik sebagai manusia dan kemampuan yang terus menerus guna memimpin, berinovasi, dan memecahkan masalah?" ujar Pangeran William.

 Pangeran William

Dirinya menambahkan, “Ingatlah peradaban menakjubkan yang menginspirasi dan telah dibangun, teknologi penyelamatan jiwa yang telah diciptakan, serta fakta bahwa manusia berhasil berada di bulan. Orang bisa mencapai hal-hal besar. Sepuluh tahun mendatang kami meluncurkan perlombaan terbesar kami, satu dekade tindakan untuk memperbaiki Bumi."

Perlombaan Earthshot Prize bertujuan untuk mempromosikan tindakan untuk melindungi lingkungan. Dalam beberapa bulan mendatang, Istana Kensington akan mengumumkan lima tantangan permasalahan yang berakar pada sains dan meminta masyarakat dunia untuk mengajukan gagasan mengenai cara penyelesaiannya. Tantangan menjadi kesempatan bagi semua orang untuk mengungkapkan ide-idenya dan mendapatkan aspirasi.

Nantinya, hadiah dapat diberikan kepada individu, tim, atau kolaborasi. Entah itu mereka yang berprofesi sebagai ilmuwan, aktivis, ekonom, pemimpin maupun pihak-pihak seperti pemerintah, bank, bisnis, kota, dan negara. Siapa pun berhak mengikuti perlombaan ini asalkan mampu membuat pengembangan substansial atau kontribusi luar biasa untuk memecahkan masalah lingkungan.

 Pangeran William

Melalui Earthshot Prize, Pangeran William berharap dapat membantu menciptakan teknologi baru dan kebijakan global guna memerangi perubahan iklim serta pemanasan global. Ayah tiga anak itu juga menginginkan penemuan solusi besar dalam dekade mendatang.

Sebelum meluncurkan perlombaan ini, dirinya telah berbincang dengan sekira 60 organisasi dan pakar serta berkonsultasi kepada ayah dan kakeknya, Pangeran Charles dan Pangeran Philip. Pada awalnya hadiah akan diberikan oleh William dan Kate's Royal Foundation, tetapi dalam jangka panjang harapannya ada organisasi independen yang bersedia turut serta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini