nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kiat agar Ibu Hamil Tetap Sehat Melawan Cuaca Dingin

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 01 481 2148259 5-kiat-agar-ibu-hamil-tetap-sehat-melawan-cuaca-dingin-UrWuj63Pww.jpg Ilustrasi. (Foto: Foxnews)

CURAH hujan yang terus meningkat membuat temperatur udara berubah. Ibu hamil harus tetap jaga kesehatan untuk melawan cuaca dingin.

Meskipun banyak disukai, tapi tak jarang cuaca dingin membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit seperti pilek, demam, hingga flu. Ibu hamil adalah salah satu yang mudah terserang penyakit saat cuaca dingin.

Ketika mengandung, daya tahan ibu hamil menurun. Inilah yang membuatnya lebih mudah terserang penyakit. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ibu hamil sakit selama cuaca dingin.

Dilansir Okezone dari Pinkvilla, berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama musim hujan, demi menjaga nutrisi dan kesehatan ibu hamil selama cuaca dingin. Yuk simak artikelnya!

1. Konsumsi makanan bergizi

ibu hamil

Ibu hamil harus menjaga kekebalan tubuh melalui makanan bergizi. Makanan seperti bayam, jahe, almond, yoghurt, dan paprika merah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karenanya, makanan-makanan tersebut cocok dimasukkan ke menu makan sehari-hari.

2. Kurangi aktivitas luar ruangan

Kehamilan membuat tubuh lebih sensitif. Maka dari itu, mengekspos tubuh pada kondisi ekstrem dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dingin yang berlebihan bisa membuat ibu hamil jatuh sakit. Cobalah untuk tetap berada di dalam rumah sebanyak mungkin. Apabila terpaksa ke luar rumah, kenakan baju hangat.

3. Cukupi kebutuhan air putih

Di musim dingin kebanyakan orang cenderung minum lebih sedikit air. Padahal yang dibutuhkan sebaliknya. Di musim dingin, tubuh membutuhkan air tambahan karena udara yang kering. Oleh karenanya, ibu hamil harus meminum air putih yang cukup sepanjang hari. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu melindungi dari penyakit lain selain penyakit musim dingin. Pastikan tidak mengonsumsi minuman manis.

4. Olahraga

ibu hamil

Cuaca dingin terkadang menimbulkan kemalasan untuk bergerak. Hanya saja ibu hamil tetap harus sedikit berolahraga demi bayinya. Tidak perlu yang berat, latihan ringan seperti yoga dan pilates dapat membantu ibu hamil dan janin sehat serta menjaga tubuh tetap hangat.

5. Menggunakan minyak esensial

Saat dingin menyerang, biasanya membuat kulit menjadi kering. Di sisi lain, saat perut membuncit, kulit juga cenderung meregang. Peregangan kulit saat kondisi kering dapat terasa menyakitkan yang membuat ibu hamil kurang nyaman. Gunakan minyak esensial atau losion untuk mengatasinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini