5 Alasan Resolusi Tahun Baru Gagal Tercapai

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 01 612 2148076 5-alasan-resolusi-tahun-baru-gagal-tercapai-2JxbBWdf5V.jpg Ilustrasi. (Foto: SCMP)

BANYAK dari kita mengucap doa di malam pergantian akhir tahun. Selain doa, beberapa orang lainnya juga mencatat sebagai resolusi Tahun Baru. Daftar target ini yang menjadi tujuan hidup di tahun yang baru.

Resolusi Tahun Baru biasanya capaian tahunan yang memang sudah jadi impian sejak lama. Selain itu, resolusi juga biasanya berisi lanjutan dari apa yang sedang dikerjakan di tahun sebelumnya.

Tapi, mungkin sebagian dari Anda mengalami kegagalan dalam mencapai resolusi Tahun Baru. Kegagalan ini ternyata dapat disebabkan oleh diri Anda sendiri, lho!

daftar resolusi

Ada beberapa faktor yang membuat resolusi Tahun Baru Anda gagal. Semoga ini bisa jadi pelajaran di 2020 sekarang.

Nah, apa saja faktor yang membuat resolusi Anda gagal? Dikutip dari laman Southchinamorningpost, berikut ulasannya khusus untuk Anda.

1. Tidak siap untuk berubah

Ketika Anda tidak sepenuhnya menjalani target yang ingin dicapai, maka ini menjadi masalah yang serius. Terlebih ketika Anda tidak siap untuk berubah. Contoh sederhananya adalah berhenti merokok. Ya, kalau tidak ada keseriusan untuk berubah, bagaimana bisa kebiasaan buruk tersebut berhenti?

Selain itu, tidak siap berubah di sini juga bisa dalam contoh menjalani hidup sehat. Kalau Anda bermimpi untuk memiliki tubuh sehat, maka beranilah untuk berubah dengan rutin olahraga dan buang jauh-jauh alasan tidak punya waktu. Jadi Anda siap?

2. Tidak ada evaluasi

Anda boleh membuat daftar resolusi sebanyak mungkin, tapi bertanggung jawablah dengan daftar tersebut. Dengan menuliskan daftar resolusi, Anda sebaiknya juga mengecek ulang apakah semua daftar sudah dijalani atau belum.

Mengevaluasi hasil dari apa yang diresolusikan juga menjadi hal penting. Sebab, dengan mengetahui perkembangan resolusi, Anda bisa memaksimalkan diri untuk mencapai target yang diinginkan.

3. Kurang perencanaan

Jangan membuat resolusi yang Anda tidak sanggup melakukannya. Tapi, akan menjadi luar biasa ketika Anda bisa membuktikan kalau dengan adanya resolusi itu, Anda mampu melakukannya. Tapi, realistis adalah kuncinya.

Asal memasukan resolusi Tahun Baru malah hanya akan memberi beban dalam diri Anda. Kurang adanya perencanaan yang matang dalam menyusun resolusi akan membawa Anda pada ketidakpuasan dalam menjalani tahun yang baru.

4. Terlalu percaya diri

Punya banyak daftar resolusi Tahun Baru memang bagus, itu berarti Anda menantang diri. Tapi, resolusi ini jangan jadikan sebagai bumerang untuk Anda. Apalagi jika daftar resolusi itu Anda beritahu pada orang-orang dengan membagikannya di media sosial.

Terlalu percaya diri dengan daftar resolusi yang dimiliki akan membuat Anda memaksakan diri mencapai target yang diinginkan, sekali pun Anda tidak bahagia pada akhirnya. Ini semacam dua mata koin, ketika berhasil Anda akan bangga, tapi jika gagal, Anda akan membuat kesimpulan bahwa setahun ini Anda tidak melakukan apa-apa.

5. Prioritaskan hal penting

Dari daftar yang dimiliki, tidak bisa Anda melakukannya sekaligus, bukan? Dengan begitu, Anda mesti pertimbangkan mana yang diprioritaskan, mana yang dapat dicapai dengan tidak terburu-buru.

Tidak ada salahnya Anda mengalah demi salah satu daftar resolusi yang ingin dicapai. Dengan begini, Anda akan mencapai target yang diharapkan sekali pun tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini