nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Ular Berenang di Genangan Banjir, Begini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 01 612 2148232 viral-ular-berenang-di-genangan-banjir-begini-faktanya-tkHEPDE78h.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BENCANA banjir yang melanda Jabodetabek pada awal 2020 tentu menjadi hal yang sangat memprihatinkan. Tak hanya banjir, warga pun semakin ketakutan dengan teror ular masuk ke dalam perumahan, yang belakangan ini marak diperbincangkan.

Tak heran dalam tempo satu hari saja, sudah banyak insiden ular yang ditangkap dalam genangan banjir. Ular-Ular ini terperangkap di dalam genangan air dan masuk ke dalam perumahan warga yang turut kebanjiran.

ular berenang

Seperti video viral di WhatsApp Group yang memperlihatkan seekor ular besar masuk ke dalam pagar salah satu rumah warga. Ular tersebut perlahan-lahan melata dan masuk melewati celah pagar menuju halaman rumah penduduk.

Warga yang panik dengan ancaman ular besar itu pun berusaha untuk meminta pertolongan supaya tidak terjadi korban jiwa. Banyaknya teror ular yang muncul saat banjir ini membuat banyak masyarakat bertanya, apakah seekor ular bisa berenang di dalam air?

Merangkum dari Today Ifoundout, Rabu (1/1/2020), semua ular pada dasarnya bisa berenang, meskipun bukan dalam kategori ular air. Ular dapat berenang dengan menggerakkan tubuh mereka dalam gerakan lateral seperti gelombang.

Bahkan kebanyakan dari ular membentuk tubuhnya menyerupai huruf S. Bentuk menyerupai huruf S ini dimulai dari kepala dan turun menuju bagian tubuh ular.

Ini adalah jenis gerakan tubuh yang kerap digunakan ular saat bergerak di permukaan yang sangat halus. Ular akan merambat menggunakan bagian bawah tubuhnya,

Lalu ular juga dapat mengerahkan kekuatan mundur di air, yang membuat mereka dapat bergerak maju. Ular air juga menggunakan metode ini untuk berenang.

Tetapi jenis ular air memiliki sisi tubuh yang lebih rata daripada ular lainnya. Hasilnya memungkinkan mereka untuk berenang lebih efisien, ketimbang ular biasa. Faktanya sangat menarik bukan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini