Punya Resolusi Tahun Baru Turunkan Berat Badan? Ikut 8 Saran Ahli Gizi Ini

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 02 481 2148487 punya-resolusi-tahun-baru-turunkan-berat-badan-ikut-8-saran-ahli-gizi-ini-ZbK0YGkjod.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI awal tahun 2020, Anda pasti sudah menyusun banyak resolusi baru yang harus bisa tercapai dilakukan. Salah satunya yakni berencana untuk menurunkan berat badan yang punya banyak manfaat.

Ahli Gizi dari Sydney Jessica Sepel, membagikan rahasia agar resolusi turunkan berat badan itu berhasil dilakukan. Sangat sederhana caranya, karena Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat.

Jessica malah menyarankan untuk menciptakan hubungan yang lebih sehat dengan orang-orang di sekitar, yang membuat Anda bahagia. Kemudian ada juga 8 cara lainnya untuk menurunkan berat badan yang bisa disimak berikut ini, dilansir Okezone dari Dailymail, Kamis (2/1/2020).

1. Sesuaikan kembali pola pikir seputar kesehatan

berat badan

Setiap tahun, banyak yang ingin memulai gaya hidup sehat di tahun yang baru. Memulai kesehatan sebagai gaya hidup jangka panjang, bukan hanya fase jangka pendek.

Jessica menyarankan untuk melakukan penyesuaian kecil setiap minggu. Hal-hal yang dapat Anda terapkan secara berkelanjutan seperti mengurangi kebiasaan minum kopi satu cangkir per hari.

Sebab menurut Jessica, Anda harus menghindari dan menghitung kalori atau karbohidrat. Alih-alih fokus pada makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang.

2. Jangan melewatkan waktu makan

Jessica menjelaskan, seseorang yang suka melewatkan makan, sebenarnya dapat menyebabkan hubungan negatif dengan makanan. Karena nafsu makan yang akan melonjak di satu waktu. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk makan secara teratur dan memasukkan semua kelompok makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak dan serat di setiap jam makan.

3. Melakukan pertukaran yang sehat

Jessica juga menyarankan Anda untuk konsumsi pengganti makanan yang lebih sehat. Misalnya, dia menyarankan Anda untuk mengganti roti tawar dengan roti gandum.

Jessica beranggapan, tidak ada yang namanya diet sempurna. Maka dari itu, jangan membatasi diri dengan beralasan mengatur pola makan yang sempurna. Karena Jessica ingin membuat Anda bebas memilih makanan.

4. Masak di rumah secara teratur

Daripada makan di luar dan memesan makanan siap saji, Jessica lebih menyarankan Anda untuk memasak di rumah. Lakukan secara teratur untuk memastikan kesehatan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan rumahan Anda juga dapat menghemat keuangan.

5. Ciptakan hubungan yang lebih sehat dengan tubuh

Jessica mengatakan, Anda harus belajar menciptakan hubungan melalui apa yang diinginkan dan dikembangkan tubuh. Anda bisa melakukan yoga, menjadwalkan waktu istirahat, ataupun memperhatikan kondisi tubuh.

Jika Anda bisa menciptakan hubungan yang sehat dengan tubuh, dapat mempertahankan gaya hidup sehat dalam waktu jangka panjang.

6. Minumlah lebih banyak air putih

Setiap orang harus selalu minum cukup air putih sepanjang hari. Tapi seringnya kebiasaan ini justru diremehkan oleh beberapa orang. Meminum air yang cukup, memiliki dampak besar pada kesehatan. Anda bisa membawa botol ketika berpergian, sehingga dapat minum secara konsisten sepanjang hari.

7. Istirahat yang cukup

Jessica mengatakan, stres dapat berkontribusi pada kesehatan usus yang buruk dan berbagai macam penyakit lainnya. Sehingga, sangat penting untuk memberi tubuh Anda waktu untuk istirahat dan pulih.

Ia menyarankan untuk mengambil hari istirahat dari berolahraga, membaca buku dan aktivitas keseharian yang melelahkan. Anda juga perlu istirahat sejenak dari media sosial atau bahkan tidur siang.

8. Hindari sesi olahraga berat

Jessica menyarankan Anda untuk mencari jenis olahraga yang benar-benar Anda sukai dan nikmati. Jangan terpaksa melakukan olahraga berat, sekalipun itu yoga, pilates, tinju, HIIT atau boot camp. Anda perlu menghargai diri sendiri saat melakukan olahraga yang teratur.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini