Menanam Pohon hingga Daur Ulang Sampah Plastik untuk Cegah Banjir

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 196 2148976 menanam-pohon-hingga-daur-ulang-sampah-plastik-untuk-cegah-banjir-A7NNZ5ktME.jpg Menanam pohon efektif cegah banjir (Foto: Agrworks)

MUNCULNYA bencana banjir membuat masyarakat harus waspada agar musibah ini tidak datang lagi. Salah satunya yakni selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama bijak mengelola sampah plastik.

Di sisi lain, setiap masyarakat juga harus sadar menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon. Kalau lingkungan sekitar penuh dengan pepohonan hijau yang rindang pasti akan banyak manfaatnya. Selain mencegah banjir, menanam pohon juga membuat lingkungan menjadi lebih sehat. Karena banyaknya oksigen alami dari pohon-pohon yang ditanam secara massal.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengajak masyarakat menghijaukan bumi, dengan menanam pohon di rumah. Langkah ini membuat Anda ikut melestarikan alam, agar terbebas dari bencana banjir salah satunya.

 Menanam pohon

"Masyarakat bisa menanam pohon apa saja di rumah. Baik itu bibit buah, tanaman hias atau bibit-bibit lainnya yang disuka," ucap Menteri Siti. Klik halaman selanjutnya untuk kiat lebih lengkap dalam mencegah banjir.

Selain itu, sambungnya, masyarakat juga harus bijak mengelola sampah botol plastik untuk mengurangi sumbatan resapan air. Salah satunya Anda bisa melakukan kebiasaan mendaur ulang sampah botol plastik.

 Ilustrasi botol plastik

Bukan hanya dari rumah-rumah, setiap perusahaan juga harus bijak berplastik. Sustainability Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo, mengatakan, setiap orang harus menjalankan misi one planet one health. Langkah tersebut dampaknya bisa baik untuk lingkungan sekitar.

"Kami percaya bahwa kesehatan juga ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat, ucap Karyanto.

 Ilustrasi botol plastik

Belum lama ini, sebanyak 12.000 ton kemasan plastik botol bekas didaur ulang menjadi barang-barang yang bermanfaat. Jika hal ini rutin dilakukan, maka lingkungan bisa terbebas dari banjir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini