nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Aksi-Aksi Heroik saat Evakuasi Korban Banjir

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 04 612 2149185 kisah-viral-aksi-aksi-heroik-saat-evakuasi-korban-banjir-EoGlJdkuME.jpg Aksi heroik penyelematan lansia saat banjir. (Foto: Instagram)

AWAL 2020 kawasan Jakarta dan sekitarnya ditimpa musibah banjir dan menyisakan banyak kisah viral. Salah satunya adalah aksi-aksi heroik dalam upaya evakuasi korban banjir.

Kisah viral aksi heroik tersebut datang dari para relawan yang menolong korban banjir. Masing-masing punya cerita dramatis, khususnya saat menolong korban banjir bayi, lansia, maupun hewan peliharaan.

Tak dapat dipungkiri, banjir yang cukup besar ini memang menyisakan banyak kisah viral. Berikut ini adalah aksi-aksi heroik yang dilakukan dalam upaya evakuasi para korban bencana banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Yuk simak ulasannya!

1. Aksi penyelamatan hewan

aksi viral

Dilansir dari akun Instagram @galaindiga, pada postingan yang diberi judul Dog Rescue itu dijelaskan jalannya proses evakuasi anjing malang ini oleh para petugas damkar. Dalam slide keempat postingan terdapat caption yang menyentuh hati.

”Derasnya banjir bikin nyali gue ciut untuk ngedeketin anjing ini. Beberapa menit gue di situ, gue sudah ngelihat TV dan mobil hanyut, bahkan portal besi pun jebol. Akhirnya gue dan pak RW memutuskan untuk memanggil petugas damkar Cinere. Sayangnya mereka juga kekurangan tim dan peralatan,” ucap @galaindiga.

Setelah dihubungi, petugas damkar pun datang untuk mengevakuasi anjing ini. Pada foto dan video yang diunggah tersebut terlihat proses evakuasi itu.

Dimulai ketika dua petugas damkar mencoba mendekati anjing yang sudah bertahan selama lebih dari dua jam. Kemudian pada slide selanjutnya, para petigas damkar terlihat berhasil melepas rantai yang membelit di pagar.

Dua petugas damkar lainnya membantu proses evakuasi, dengan tali beberapa meter dari tempat kejadian dan menarik anjing itu secara perlahan. Setelah itu, petugas damkar menjemput anjing tersebut dan menuntunnya ke tempat yang lebih dangkal.

2. Aksi penyelamatan balita

Cerita heroik berikutnya datang dari Satgas Banjir Korps Marinir, yang berhasil mengevakuasi seorang balita saat banjir di Jakarta. Dilansir dari postingan Instagram @suhartono323, sebuah aksi mengagumkan terlihat saat Korps Marinir membantu evakuasi warga Kalideres, Jakarta Barat.

Pada proses evakuasi yang dilakukan tersebut, ada satu momen yang menarik perhatian banyak orang. Momen itu adalah sebuah aksi heroik Korps Marinir saat mengevakuasi seorang balita, ketika banjir di daerah Kalideres mencapai ketinggian tiga meter.

“Marinir evakuasi warga di Kalideres. Evakuasi anak balita yang terjebak banjir di gang sempit di Kelurahan Semanan RT 07 Kalideres, pada hari Kamis 2 Januari 2020 pukul 11:00 WIB. Saat itu ketinggian air kurang lebih tiga meter. Dievakuasi oleh dua pers SAR Pasmar 1 a.n. Serda Mar Didik (di depan) dan Prada Mar Maulana (di Belakang) dari Yonkomlek 1 Marinir. Evakuasi dengan menggunakan Sweemvest dan satu ban karet. Kamis, 2 Januari 2020,” tulis akun @suhartono323.

Pada video tersebut, terlihat bagaimana perjuangan dua orang marinir yang berenang menerjang banjir menggunakan pelampung dan ember, yang dimasukkan ke dalam ban agar si balita tetap aman. Para marinir tersebut terlihat sangat berhati-hati berenang membawa sang balita melewati banjir, di sela-sela atap rumah warga.

Anggota marinir yang berada di depan terlihat berenang, kemudian mengambil napas dan melakukannya berulang-ulang sampai ke perahu karet. Kelihatannya mereka sulit menembus banjir, karena medan yang terlalu sempit. Sesampainya di samping perahu karet, balita itu ditarik ke perahu karet oleh warga yang membantu.

3. Aksi penyelamatan lansia

viral

Masih dari kesatuan yang sama, cerita heroik berikutnya merupakan cerita penyelamatan beberapa manusia lanjut usia (manula) oleh satgas banjir Korps Marinir. Dalam postingan akun @suhartono323 terdapat beberapa foto yang menggambarkan aksi heroik para abdi negara ini.

Dalam video, terlihat bagaimana totalitas satgas banjir Korps Marinir dalam menjalankan tugas untuk membantu, serta mengevakuasi para orang tua yang sudah renta.

Pada foto-foto tersebut, terlihat bagaimana para pahlawan bangsa ini mengendong para lansia melewati atap rumah mereka. Kemudian membawa mereka ke perahu-perahu karet untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Aksi mereka ini pun mendapat banyak pujian serta apresiasi dari para pengguna sosial media Instagram. Berbagai respon positif terlihat pada kolom komentar postingan aksi evakuasi ini.

“Marinir memang selalu keren dan dekat dihati masyarakat 👍👍♥️♥️♥️♥️” tulis akun greenslank pada kolom komentar postingan tersebut (2/1/2020).

“Semoga senantiasa sehat bapak2 semangat💪 pak😇😍” ujar akun mia_diljana di postingan itu (2/1/2020).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini