Cara Mudah Turunkan Stres di Kantor, Gak Perlu ke Dokter

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 05 612 2149415 cara-mudah-turunkan-stres-di-kantor-gak-perlu-ke-dokter-htNQXQgL2H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEKERJAAN yang menumpuk mungkin bisa membuat Anda stres, apalagi jika harus mengalaminya setiap hari di kantor. Anda tentunya tidak akan bisa kabur lagi ke tempat lain kan.

Nah, sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini di tempat kerja baru-baru ini, menunjukkan bahwa membuat taman kecil di dekat meja kerja dapat mengurangi stres.

Percobaan dilakukan terhadap 63 pekerja di Jepang, untuk melihat perubahan psikologis dan fisiologis sebelum dan sesudah menempatkan taman kecil di meja kerja.

Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hyogo di Awaji, menjelaskan bagaimana sebuah tanaman mini yang terletak dalam ruang kerja Anda mampu mengurangi stres yang Anda alami.

membuat taman kecil di dekat meja kerja dapat mengurangi stres.

Para peneliti dari peneliti tabg terdiri dari Masahiro Toyoda, Yuko Yokota, Marni Barnes, dan Midori Kaneko mengeksplorasi penggunaan praktis tanaman dalam ruangan untuk meningkatkan kesehatan mental di antara karyawan.

Penelitian ini pun dilakukan seiring dengan adanya teori bahwa tanaman dapat membawa ketengan dan kedamaian pada mental manusia. Penelitian ini secara ilmiah memverifikasi tingkat dampak psikologis dan fisiologis yang disebabkan oleh tanaman dalam ruangan.

Para peneliti membawa tanaman ke sebuah ruang kerja di suatu kantor dan menghitung pengurangan stres pada karyawan. Temuan ini pun diterbitkan dalam jurnal mereka "Potensi Tanaman Indoor Kecil di Meja untuk Mengurangi Stres Pekerja Kantor" yang diterbitkan dalam jurnal akses-terbuka HortTechnology, oleh American Society for Horticultural Science.

Toyoda menambahkan, saat ini tidak begitu banyak orang yang sepenuhnya memahami dan memanfaatkan manfaat pemulihan stres yang dibawa oleh tanaman di tempat kerja.

diterbitkan dalam jurnal akses-terbuka HortTechnology, oleh American Society for Horticultural Science.

"Untuk memperbaiki situasi seperti itu, kami memutuskan penting untuk meneliti dan memberikan bukti ilmiah untuk efek pemulihan stres dalam pengaturan kantor yang nyata," jelas dia.

Para peneliti pun mengukur tekanan psikologis pada peserta menggunakan Inventarisasi Kecemasan State-Trait. Rasio peserta yang denyut nadinya menurun secara signifikan setelah istirahat 3 menit dengan tanaman, terbukti definitif.

Inti dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi efek mengurangi stres dari menatap secara sengaja tanaman di lingkungan kantor, ketika seorang pekerja merasa lelah selama jam kerja. Keterlibatan pasif dan aktif dengan tanaman di tempat kerja untuk kontribusinya dalam mitigasi stres dan kelelahan.

Peserta memiliki keterlibatan pasif (akses visual) dan aktif (merawat) dengan tanaman. Lebih lanjut, meskipun tidak melibatkan gerakan fisik, interaksi aktif dengan tanaman yang dapat dilakukan pekerja kantor dengan cepat dan mudah di meja mereka memiliki dampak yang cukup signifikan.

Efek menenangkan yang dihitung selama penelitian menunjukkan bahwa kecemasan berkurang secara signifikan dari pra ke pasca intervensi. Para peneliti menyarankan penempatan tanaman kecil dalam jarak dekat, agar berkontribusi pada pengurangan stres psikologis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini