Gibran Rakabuming Santap Ketoprak saat Blusukan, Kok Makannya Pakai Mangkuk?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 298 2149667 gibran-rakabuming-santap-ketoprak-saat-blusukan-kok-makannya-pakai-mangkuk-ufT2SIf0Yz.jpg Gibran Rakabuming makan ketoprak (Foto : @gibran_rakabuming/Instagram)

Sebagai calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mulai turun ke masyarakat untuk menjelaskan visi dan misinya. Blusukan dipilih Gibran untuk lebih dekat dengan warga Solo.

Di Pilkada Solo 2020 ini, Gibran Rakabuming benar-benar menjadi pribadi yang baru. Ia yang terkenal pendiam mulai belajar untuk ekspresif, tak terkecuali membagikan momen aktivitas kesehariannya di media sosial.

Ya, belakangan ini kita sering melihat Gibran kerap membagikan momen blusukannya. Seperti salah satunya adalah saat dia makan ketoprak Solo ditemani rekannya.

Saat makan ketoprak Solo, Gibran memilih mengenakan kaos putih bergambar ayam jago yang biasa kita lihat di mangkok 'tempo doeloe'. Ia padukan dengan celana hitam dan sneaker. Tidak ada aksesori lain selain jam tangan hitam yang ia pakai di tangan kirinya.

Gibran

Di unggahan ini, Gibran menuliskan keterangan foto yang menarik. Sebab, ia bertanya pada netizen terkait dengan apa bedanya 'Ketoprak Solo' dengan 'Ketoprak Jakarta'. Sebab, jika kita lihat wadah makannya yang berupa mangkok pun membuat Anda pasti bingung; Kok makan ketoprak di mangkok?

Nah, pertanyaan yang diajukan Gibran dijawab ringan netizen.

"Mungkin ini yang bikin kethoprak punah, karena para pemainnya takut dimakan juga," ungkap @hidajats******to. Kemudian direspon Gibran dengan tertawa, "wkwkwk (senyum)."

"Beda tulisan e mas," kata @pokemonba***.

"Ketoprak Solo makannya di Solo, ketoprak Jakarta, makannya di Jakarta," komen @the_***.

Sementara itu, ada juga netizen yang menjawab pertanyaan Gibran Rakabuming dengan serius. "Ketoprak Jakarta pakai bihun, seperti lontong kasih bumbu kacang pake kerupuk, tapi kalau ketoprak Solo, berkuah isi tahu goreng diiris kecil, mie kuning, kacang tanah goreng, dan tetelan daging. Suka dua-duanya, mantap," jawab @hefihaf****. Well, apa pembeda sebenarnya antara ketoprak Solo dengan Jakarta?

Seperti yang sudah dijelaskan netizen bernama Hefi, dilihat dari bahan-bahannya saja berbeda dan cara makannya pun berbeda. Ya, kalau ketoprak Jakarta cukup dengan piring karena tidak berkuah, sedangkan ketoprak Solo berkuah tanpa bumbu kacang seperti ketoprak Jakarta.

Agar lebih jelas lagi, berikut bahan-bahan yang ada di ketoprak Solo dan ketoprak Jakarta;

Ketoprak Solo

Ketoprak Solo

(Foto : @kuliner_asiksolo/Instagram)

1. Mie bihun

2. Irisan kol

3. Tahu goreng yang dipotong kecil-kecil

4. Tempe goreng

5. Telur

6. Sosis solo

7. Taburan kacang tanah goreng

8. kuah kaldu sapi

9. Potongan daging, tetelan, atau cingur sapi

Ketoprak Jakarta

Ketoprak Jakarta

(Foto : @dad_dish/Instagram)

1. Bihun

2. Ketupat atau lontong

3. tauge

4. tahu putih dipotong dua

5. Bumbu kacang

6. Kerupuk

7. Timun

8. Bawang goreng

So, Kamu lebih suka ketoprak Solo atau ketoprak Jakarta?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini