Memasuki Tahun Baru, Ini 5 Resolusi Hidup Sehat yang Perlu Anda Lakukan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 481 2149746 memasuki-tahun-baru-ini-5-resolusi-hidup-sehat-yang-perlu-anda-lakukan-Kvw4JCRvFj.jpg Ilustrasi (Foto: Pexels)

TAHUN baru menjadi semangat baru untuk menjalani hidup yang lebih baik. Sehingga banyak orang yang memiliki resolusi di tahun baru. Salah satunya adalah menjalani pola hidup yang lebih sehat. Mulai dari rajin berolahraga hingga mengonsumsi makanan yang lebih baik.

Bagi Anda yang belum bisa mencapai resolusi hidup sehat di tahun sebelumnya, Anda bisa mencobanya lagi di tahun ini karena tidak ada kata terlambat untuk berusaha mengubah kebiasaan buruk demi masa depan yang lebih baik. Mulai lakukan 5 kebiasaan sehat di bawah ini setiap hari sebagai bagian dari resolusi tahun barumu yuk!

Tidur Lebih Awal

Jika durasi tidur 8 jam sulit direalisasikan, setidaknya pada tahun ini mulai disiplinkan diri untuk tidur 30 menit lebih awal. Setelah berhasil, geser waktu tersebut ke 30 menit lebih awal lagi hingga Anda mendapatkan waktu tidur yang paling ideal.

Sebagai contoh, jika tahun lalu Anda selalu tidur pada jam 01.00 pagi, ubah kebiasaan ini agar Anda tidur di jam 12.30 pagi, lalu bulan berikutnya majukan 30 menit lebih awal hingga Anda bisa tidur dibawah jam 12.00. Perlahan tapi pasti, Anda akan terbiasa untuk tidur lebih awal.

Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan ini terdengar mudah, namun nyatanya masih banyak orang yang tidak melakukannya. Buat notes kecil di kamar tidur Anda, agar ketika pagi datang Anda tidak lupa untuk minum segelas air putih.

Selain menghidrasi tubuh, minum segelas air setelah bangun tidur mampu meningkatkan metabolisme sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Perbanyak Jalan Kaki

Buat Anda yang sudah punya resolusi untuk menurunkan berat badan sejak tahun lalu namun masih belum terealisasikan karena tidak biasa berolahraga, Anda bisa memulainya dengan cara yang paling sederhana yakni berjalan kaki.

Dengan memperbanyak langkah dan frekuensi dalam melakukan aktivitas fisik tersebut, berat badan Anda akan turun secara perlahan. Berat badan ideal pun bisa Anda dapatkan tanpa harus menyiksa diri.

Kelola Stress

Kehidupan manusia memang tak luput dari masalah, namun jika tak pandai mengelola stress dapat menimbulkan depresi hingga penyakit. Untuk itu pandai mengelola stress sangat penting dilakukan.

Tak perlu memperbanyak destinasi traveling, mengelola stress dapat Anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana serta menghemat biaya. Seperti menentukan prioritas dan rajin melakukan meditasi.

Menerapkan Gizi Seimbang

Asupan gizi seimbang adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Saat mengonsumsi makanan, tak hanya untuk memenuhi rasa lapar, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan haruslah diperhatikan.

Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri dari beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, juga vitamin.

Selain itu, kandungan zat besi juga penting dibutuhkan terutama untuk tumbuh kembang anak. Zat besi penting untuk pertumbuhan otak, fisik, juga imunitas tubuh anak.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan pertumbuhan tinggi badan yang terhambat (stunting), kemampuan intelektual yang kurang optimal, serta membuat anak menjadi moody. Makanan yang mengandung banyak zat besi dapat ditemukan pada daging merah. 100 gram daging sapi merah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi dibanding yang terdapat pada daging ayam dan sembilan kali lebih banyak dari daging ikan.

Memilih daging sapi merah yang berkualitas pun harus diperhatikan agar kandungan zat besi di dalamnya benar-benar utuh. Salah satunya dengan mengonsumsi daging sapi Australia. Karena daging sapi Australia memiliki tekstur yang empuk yang tentunya disukai anak-anak. Selain itu, daging sapi Australia juga memiliki sertifikasi aman dan halal.

Konsumsi makanan yang berbahan dasar daging sapi Australia tiga hingga empat kali seminggu untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak serta pemenuhan gizi yang seimbang. (ADV)

(wil)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini