Punya Zodiak Capricorn dan Aquarius, Ini 5 Pahlawan yang Lahir di Januari

Ummu Hani, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 612 2149668 punya-zodiak-capricorn-dan-aquarius-ini-5-pahlawan-yang-lahir-di-januari-VSQOSVT4YB.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BULAN Januari adalah bulan penuh dengan harapan-harapan baru. Banyak orang yang memulai resolusinya di bulan ini. Terutama bagi mereka yang berzodiak Capricorn dan Aquarius, lantaran lahir di Januari.

Harapan besar pasti tersirat dalam diri mereka dan juga orang-orang di sekitarnya. Menjadi orang yang berguna bagi negara adalah salah satu harapan yang terucap, ketika mendoakan mereka yang sedang merayakan hari lahirnya.

Mungkin banyak yang belum tahu beberapa pahlawan Indonesia yang telah berjasa untuk negara ini lahir di bulan Januari. Salah satunya adalah Jenderal TNI pertama Indonesia, Jenderal Soedirman.

Selain itu, ada beberapa tokoh lainnya yang berjasa untuk Indonesia. Meskipun telah tiada, jasa mereka selalu dikenang oleh seluruh rakyat Indonesia. Lantas, siapa saja pahlawan yang lahir di Januari? Simak ulasan berikut yang telah Okezone rangkum.

Sultan Hasanuddin

Pahlawan dengan sebutan ‘Ayam Jantan dari Timur’ ini lahir di Makassar,

Pahlawan dengan sebutan ‘Ayam Jantan dari Timur’ ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12 Januari 1631, tepatnya dari Kerajaan Gowa. Ia adalah anak dari I Manuntungi Daeng Mattola yang bergelar Sultan Malikussaid (ayah) dan ibunya bernama I Sabbe To'mo Lakuntu.

Sultan Hasanuddin adalah Raja Gowa ke-16 yang menguasai ilmu politik, diplomasi, ilmu perang, dan pertahanan. Sebab itulah ia ditugaskan untuk menjabat bagian pertahanan di Kerajaan Gowa.

Jenderal MT Haryono

Ia salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang meninggal saat tragedi lubang buaya.

Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono atau biasa dikenal sebagai MT Haryono adalah pahlawan Indonesia yang lahir pada 20 Januari 1924, di Surabaya. Ia salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang meninggal saat tragedi lubang buaya.

Jenderal Soedirman

Ia dikenal sebagai pejuang yang gigih dan pantang menyerah.

Seorang pahlawan revolusi Republik Indonesia ini lahir di Desa Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah, pada 24 Januari 1916. Dalam sejarah, ia merupakan Panglima dan Jenderal TNI pertama di Indonesia. Soedirman menjadi jenderal di usianya yang masih muda yaitu 31 tahun. Ia dikenal sebagai pejuang yang gigih dan pantang menyerah.

T.B. Simatupang

Sejak kecil ia adalah seorang yang ahli dalam membaca dan menulis.

Pahlawan yang memiliki nama lengkap Tahi Bonar Simatupang ini lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, pada 28 Januari 1920. Sejak kecil ia adalah seorang yang ahli dalam membaca dan menulis. Ia telah menghasilkan banyak karya tulis, salah satunya adalah buku “Iman Kristen dan Pancasila (1984)”.

I Gusti Ngurah Rai

Ngurah Rai bergabung dengan HIS Denpasar lalu melanjutkan dengan MULO yang ada di Malang.

I Gusti Ngurah Rai biasa dikenal Ngurah Rai adalah pahlawan yang lahir di Badung, Bali pada 30 Januari 1917. Sejak kecil ia tertarik dengan dunia militer. Ngurah Rai bergabung dengan HIS Denpasar lalu melanjutkan dengan MULO yang ada di Malang.

Tak hanya itu, ia bergabung dengan sekolah kader militer, Prayodha Bali, Gianyar. Pada 1940, Ngurah Rai dilantik sebagai Letnan II.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini