Belum Punya Resolusi Tahun Baru? Coba Terapkan 5 Pola Makan Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 481 2150114 belum-punya-resolusi-tahun-baru-coba-terapkan-5-pola-makan-ini-ksooXi1c2o.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAHUN yang baru tentunya membawa harapan baru bagi banyak orang, agar bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Rencana untuk bisa lebih baik di tahun yang baru, biasanya diwujudkan dalam bentuk resolusi tahun baru.

Jika belum memiliki resolusi, mungkin lima resolusi seputar pola makan di bawah ini bisa jadi inspirasi yang bisa dilakukan di 2020. Menyitat Southchinamorningpost, ini lima inspirasi resolusi tahun baru 2020 seputar pola makan.

Makan bersama di satu meja

Di zaman modern yang semuanya serba cepat, kultur makan seorang diri semakin populer. Padahal nyatanya, salah satu fungsi dari makanan dari ratusan tahun lalu adalah menyatukan menghubungkan banyak orang.

Makan sendirian tidak lah masalah, tapi perlu diwaspadai semakin sering makan sendirian bisa jadi nanti makan bersama di satu meja dengan orang lain akan menjadi sesuatu yang rumit secara logistik dan emosional.

Di zaman modern yang semuanya serba cepat, kultur makan seorang diri semakin populer.

Sarapan dengan menu yang lebih baik

Familier kan dengan ungkapan klasik bahwa sarapan di pagi hari adalah makanan yang paling penting sepanjang hari itu. Soal sarapan, sebagai resolusi tahun ini kenapa tidak coba untuk membiasakan diri sarapan dengan menu yang lebih baik alias lebih bergizi dan bernutrisi.

Jadi bukan sekedar membuat perut kenyang. Alih-alih sarapan gorengan atau mi instan, cobalah sarapan dengan menu simpel namun bergizi seperti roti dengan telur, telur orak-arik, biskuit dan telur goreng, roti panggang, atau kacang-kacangan.

Bawa bekal makan siang

Dengan membawa bekal makanan makan siang dari rumah, kita bisa makan lebih baik karena makanannya bisa kita kontrol dan persiapkan sendiri.

Kuncinya ialah mempersiapkan bahan-bahan untuk beberapa menu makanan sekaligus dalam satu kali perjalanan belanja, persiapkan di malam hari sebelumnya agar tidak terburu-buru di pagi hari, bawa camilan ringan yang menyehatkan agar bisa disimpan di kulkas kantor.

kita bisa makan lebih baik karena makanannya bisa kita kontrol dan persiapkan sendiri.

Rehat dari daging merah

Tenang, untuk resolusi melatih ‘mindfullness’ satu ini tidak perlu langsung menjadi vegetarian. Rehat dari menyantap daging-dagingan merah ini bisa dilakukan secara pelan-pelan dan bertahap, contohnya dengan menerapkan konsep Meatless Monday, yang artinya tidak mengonsumsi daging-dagingan sama sekali di setiap hari Senin.

Selain daging merah, masih ada beberapa sumber protein lainnya yang beragam kan? Daging putih seperti unggas, ikan, telur, hingga seafood.

No-Takeout

Jika dilakukan terlalu sering, disebutkan hal ini dapat membuat makan hanya sekedar untuk mengisi perut agar kenyang. Di lain sisi, sadar atau tidak juga membuat diri jadi boros karena bukan hanya mengeluarkan uang untuk harga makanan, tapi juga pajak, tip, dan ongkos pengiriman.

Menerapkan no-takeout ini, strategi pertama menghapus aplikasi pengiriman makanan yang ada di ponsel. Kemudian, mengusahakan ada stok bahan-bahan makanan di kulkas yang bisa dimasak sendiri dengan berbelanja bahan-bahan makanan sekali seminggu.

Langkah selanjutnya baru membuat mapping menu apa saja yang akan dimasak, setidaknya dalam satu pekan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini